PENERAPAN MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY MELALUI EKSPERIMEN LAPANGAN DAN EKSPERIMEN LABORATORIUM DITINJAU DARI SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS VERBAL SISWA

Ahmad Makmur Santoso, SAJIDAN SAJIDAN, SUCIATI SUDARISMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Science Technology Society melalui metode eksperimen lapangan dan laboratorium, pada siswa yang memiliki sikap peduli lingkungan dan kreativitas verbal kategori tinggi dan rendah, terhadap prestasi belajar biologi siswa, serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode true experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X4 dan X7. Kelas X4 diberi pembelajaran dengan metode eksperimen lapangan dan kelas X7 dengan metode eksperimen laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mendapatkan data prestasi belajar kognitif, psikomotor dan kreativitas verbal siswa, metode angket untuk mendapatkan data sikap peduli lingkungan, prestasi belajar afektif serta metode observasi untuk memperoleh data afektif dan psikomotorik. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil penelitian menunjukkan : penggunaan metode eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium berpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; ada pengaruh sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; kreativitas verbal berpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; ada interaksi antara metode dan sikap peduli lingkungan terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; tidak ada interaksi antara metode dan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; ada interaksi antara sikap peduli lingkungan dengan kreativitas verbal terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, tidak ada interaksi antara metode, sikap peduli lingkungan, dengan kreativitas verbal terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Keywords

Science Technology Society; Eksperimen Lapangan; Eksperimen Laboratorium; Sikap Peduli Lingkungan; Kreativitas Verbal

Full Text:

PDF

References

Ana Poedjiadi. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Model

pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

BSNP. (2008). Kerangka Dasar Pengembangan Kurikulum dan Standar Isi. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Dahar, R.W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Daniel Fasko, Jr. 2001. Education and Creativity. Vol 13, No 3&4, 317-327. Creativity Research Journal.

Ditjen PMPTK. (2007). Tantangan Kebijakan, dan Program Strategi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Makalah rembug Nasional. Jakarta: Ditjen PMPTK, Depdiknas.

Dyer, J.H, Hal B. Gregersen, Clayton M. Christensen. 2011. The Innovator’s DNA: Mastering The Five Skill of Disruptive Innovators. New York. Havard Business Press Book.

Elif Bakar, Senol Bal, Hakam Akcay. (2006). Preservice science teacher beliefs about science- technology and their implication in society. Eurasia Journal of Mathematics, Science and

Technology Education. Vol.2, No.3. Diunduh dari http://www.ejmste.com

Fatih Aydin, Mehmet Fatih Tasar. 2008. Development of Pre-service Science Teacher View about Nature of Technology and Effectivenss of Dilemmas in Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol.6, No.5. Diunduh dari http://www.ejmste.com

Hassan H. Tairab. (2001). How do pre¬service and in-service science teacher view the nature of science and technology. Vol.19, No.2. Reserch in Science and Technology Education Journal.

Herawati Susilo. (2003). Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka. Ijas Ahmad Tatlah, Tahzeen Mehmood

Aslam, Zulfikar Ali, Muhammad Iqbal. 2012. Role of Intelligence and Creativity In The Academic Achievement of Students.Vol 2, No 7. International Journal of Physical and Social Science.

Judith Bennett, Fred Lubben, Sylvia Hogarth. (2006). Bringing science to life: A synthesis of the research evidence on the effects of context based and STS approaches to science teaching. Department of Education Studies, University of York. www.interscience.wiley.com

Median Agus Priadi. (2012). Pembelajaran Biologi

Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Labortaorium dan Lapangan Ditinjau dari Keberagaman Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap

Peduli Lingkungan. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

Muhamad Nur. (2000). Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: University Press.

Munir Tanrere. (2008). Environmental problem solving in learning chemistry for high school students. Chemistry

departement. Faculty of mathematics and Natural Science, Makasar state University. http://www.trisnita.org

Nuray Yoruk, Inci Morgil, Nilgun Secken. (2010). The effects of science, technology,society, environment (STSE) interaction on teaching chemistry. Hacettepe University, chemistry Education, Ankara, Turkey. http://www.scrirp,org/iournal/NS/

Porter, B D and Hernacki. (2001). Quantum Learning. Bandung. Penerbit Kaifa.

Rina Restanti.(2012).Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan CTL Melalui Model Formal dan Informal Hands On Activities Ditinjau dari Kreativitas Siswa dan Sikap Peduli Lingkungan. Tesis. UNS

Saifudin.(2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:

Alfabeta.

Suciati Sudarisman. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Proceding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Suparno, A, S. (2001). Membangun Kompetensi Belajar.

Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Udin S. Winataputra. (2006). Pembelajaran yang Mendidik

dan Dialogis Tinjauan Psikologis (Bahan Diskusi dan

Latihan Diklat dalam Diklat Pedagogig Widya Wiwaha LPMP dan PLPG). Jakarta: UT

Utami, Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda

Media Group.

Yager, Robert E.(1990). The Science Technology Society Movemen in the United States, Its Origin, Evolution, and Rationale, Social Education.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.