PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MULTIMEDIA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMPN 1 KENDAL KABUPATEN NGAWI

Sugiyanto Sugiyanto, Widha Sunarno, BASKORO ADI PRAYITNO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman makhluk hidup untuk memecahkan masalah belajar siswa dalam pembelajaran; menguji kelayakan produk modul pembelajaran yang dikembangkan; dan menguji efektivitas produk modul untuk mata pelajaran IPA siswa SMPN 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Rancangan penelitian yang digunakan mengacu pada modifikasi model pengembangan Borg and Gall (1989), yang meliputi 5 tahap yaitu, tahap studi pendahuluan, tahap desain produk (perencanaan dan pengembangan draf produk), tahap validasi dan revisi, tahap uji coba dan revisi produk, dan produk akhir. Uji coba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu tahap pertama review dengan ahli isi/materi serta ahli media pembelajaran, tahap kedua uji coba praktisi, tahap ketiga uji coba produk kelompok kecil terhadap 10 siswa, tahap terakhir uji coba lapangan dalam setting eksperimen terhadap 49 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: perolehan rata-rata penilaian hampir semua tahapan, yaitu pada uji coba ahli adalah 3,6 dalam skala empat, nilai tersebut termasuk kategori “sangat baik”. Pada uji coba oleh praktisi total rata-rata keseluruhan adalah 3,8 dalam skala empat (“sangat baik”). Pada uji coba skala kecil total rata-rata keseluruhan adalah kategori 3,7 dalam skala empat (“sangat baik”). Pada uji coba lapangan total rata-rata keseluruhan adalah 3,7 dalam tabel skala empat (“sangat baik”); efektivitas produk dilihat melalui skor rata-rata post test kelompok yang diberi perlakuan adalah 84,96 dan skor rata-rata post test kelompok yang menggunakan modul tanpa multimedia adalah 79,21. Hasil uji coba dengan menggunakan uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan nilai yang diperoleh siswa yang menggunakan modul disertai multimedia dan siswa yang menggunakan modul tanpa multimedia.

Keywords

Inkuiri terbimbing; multimedia; keanekaragaman makhluk hidup

Full Text:

PDF

References

Almunawar, M. (2000). Modul Pengenalan SMP Terbuka. Semarang: Diva Press

Aldalalah, O. and Fong, S. F. (2010). Effects of Modality and Redundancy Principles on the Learning and Attitude of a Computer-based Music Theory Lesson among Jordanian Primary Pupils. International Education Studies, 3 (3), 52-64

Amri, M.T. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media Animasi dan Modul Bergambar Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, R. (2011). Pengembangan Modul Multimedia Seri B1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Pengasih. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Gall, M.D. and Borg, W.R. (1989). Educational research: An

introduction, (5th Ed.). Boston- USA: Allyn and Abcon.

Gronlund, N. E. (1993). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Co. Inc

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Mayer, R. E. and Anderson, R. B. (1992). The instructive animation: Helping students build connections between words and pictures in multimedia learning. Journal of Educational Psychology , 444-452.

Mayer, R. and Moreno, A. (1998). Split- attention effect in multimedia learning:evidence for dual processing systems in working memory. Journal of Educational Psychology, 312-320

Setyowati, E. (2009). Pengembangan Modul Multimedia Pengelolaan Sampah Rumah Tangga berwawasan SAINS Teknologi Masyarakat (STM) sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan manifestasi perilaku siswa. Disertasi, Malang: Universitas Malang

Sudarmi. (2010). Model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui lab riil dan virtuil ditinjau dari gaya belajar dan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar. Tesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Suharsimi, A. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.