PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN PRODUK KRIYA KAYU DENGAN TEKNIK BUBUT MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN BERBASIS MULTIMEDIA KITS KELAS XI KRIYA KAYU SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN 2015/2016

Aditya Candra Kartika, Edy Tri Sulistyo, Margana Margana

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran pembuatan produk kriya kayu dengan teknik bubut dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen berbasis multimedia kits. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kayu SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data didapat dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data dengan triangulasi data dan review key informan. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini dengan menerapkan metode demonstrasi dan eksperimen berbasis multimedia kits dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pembuatan produk kriya kayu dengan teknik bubut, hasil belajar siswa yang dimaksud meliputi hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh nilai aspek psikomotor rata-rata kelas hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 78,14 pada aspek kognitif dan 78 pada aspek psikomotor, pada siklus I meningkat menjadi 81,43 aspek kognitif dan 79,12 di aspek psikomotor, meningkat lagi menjadi 85,79 aspek kognitif dan 82,13 aspek psikomotor. Sehingga dengan menerapkan metode demonstrasi dan eksperimen berbasis multimedia kits terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar pelajaran pembuatan produk kriya kayu dengan teknik bubut siswa kelas XI Kayu SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Keywords

Peningkatan; Metode Demonstrasi dan Eksperimen; Multimedia Kits; Prestasi Belajar; Teknik Bubut.

Full Text:

PDF

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahri, S. D. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.