ANIMASI FILM TOKOH PANDAWA DAN KURAWA SEBAGAI HASIL KREATIVITAS SENIMAN YANG MENGANDUNG FALSAFAH HIDUP MASYARAKAT JAWA

Titik Sudiatmi, Singgih Subiyantoro, Sawitri Sawitri

Abstract

Perkembangan budaya selalu menyesuaikan dari perkembangan pola pikir manusia. Manusia tidak akan berhenti berkreativitas karena manusia makluk yang menggunakan daya imajinasi, daya pikirnya yang selalu ingin berkarya. Karya manusia dapat berupa tembang, batik, perhiasan, tari, karawitan, bahkan pusaka (keris, tombak, pedang, cundrik).Hasil karya yang lainnya dapat berupa karya animasi film yang mengambil cerita pandawa dan kurawa. Cerita pandawa dan kurawa merupakan cerita yang mengambil dari epos mahabarata dan ramayana. Kreativitas seniman dengan membuat cerita pandawa dan kurawa dapat dinikmati tidak versi yang lain. Budaya berkembang dan disesuaikan dimana masyarakat yang mengkomsumsi budayanya. Pembuatan animasi film tokoh pandawa kurawa dapat memberikan inspirasi seniman selalu berkarya dengan imajinasi yang tinggi. Tokoh pandawa dan kurawa memiliki ajaran falsafah kehidupan dengan karakter tokoh dapat memberikan contoh bahwa ksatria yang berjumlah seratus dapat dikalahkan dengan tokoh ksatria yang berjumlah lima (pandawa). Karakter pada tokoh dapat dijadikan falsafah hidup bahwa kejahatan dimanapun akan tersingkir dan yang baik yang akan menang. Kebaikan akan berbicara hal ini sebuah falsafah Jawa “ wong salah bakale seleh”,wong jujur bakale mujur”,” wong goroh bakale  sengsara”, falsafah hidup masyarakat Jawa akan memberikan pandangan hidup tentang kehidupan.

Keywords

Animasi; kreativitas; falsafah hidup; masyarakat Jawa

Full Text:

PDF

References

Ali I. A.2000. Tentang Pendidikan Karakter. Rajawali. Jakarta.

Hidayah, E. 2011. Pengembangan Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Meyimak Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Kuning, B.I. 2011. Atlas Tokoh – tokoh Wayang (dari wilayah sampai silsilahnya). Yogyakarta. Narasi (Angota IKAPI).

Mulyono, S. 1978. Wayang Asal Usul dan Masa depannya. Jakarta: Gunung Agung.

Mayer, R.E.& Moreno, R. (2002).Animation as an Aid to Multimedia Learning, Educational Psyhology Review. Vol. 14, No. I . HLM,129-135//search. Proquest.com/. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Yasasusastra, J. Syahban.2011.Mengeal Tokoh Pewayangan. Biografi. Bentuk dan Perwataanya.Yodyakarta: Pustaka Mahardika.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.