PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DENGAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI MASALAH SOSIAL KELAS XI IPS SEMESTER GASAL DI SMA N 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, Demikian pula halnya dengan Siklus II yang terdiri dari satu pertemuan meliputi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Data aktivitas peserta didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik selalu mengalami peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II yaitu, pra siklus (61,76%), siklus I (73,53%) dan pada siklus II (84,12%). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus.
Kata kunci : Aplikasi Microsoft Teams, Hasil Belajar, Mind Mapping