Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan

Zaini Rohmad

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memepengaruhi dari kepuasan stakeholder terhadap pelayanan dan kinerja Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan survei yang dilakukan terhadap stakeholder di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Partisapan survei diberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan yang digunakan untuk mengukur kepuasan, koordinasi, perencanaan, kepemimpinan, dan pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Teknik sampel dengan purposive sampling dengan teknik insidental. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 responden dengan missing 7 responden yang berasal dari warga masyarakat yang menggunakan pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan. Teknik Analisis dengan product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi ganda.

 Hasil menunjukan bahwa adanya korelasi yang tinggi antar variabel. Dengan analisis bevariat menunjukkan bahwa keempat variabel independen berhubungan positif signifikan dengan tingkat kepuasan masyarakat.  Dengan analisis regresi ganda, tingkat kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh 2 variabel independen, yaitu perencanaan dan pengawasan. Perencanaan berpengaruh positif terhadap kepuasan stakeholder (pelayanan publik) secara signifikan dan pengawasan berpengaruh negatif terhadap kepuasan stakeholder secara signifikan. Analisis  bevariat variabel independen atau variabel prediktor berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakatsebagai variabel kriterium. Dengan demikian, kepuasan publik masyarakat Kabupaten Magetan dipengaruhi oleh variabel perencanaan, koordinasi, pengawasan dan kepemimpinan. Namun variabel yang berpengaruh positif secara signinikan terhadap pelayanan  publik masyarakat Kabupaten Magetan dipengaruhi oleh variabel perencanaan, pengawasan dan kepemimpinan transaksional, sedang koordinasi kurang tampak pengaruhnya.

Implikasi dari penelitian ini memberikan implikasi terhadap teori dan praktik tatakelola kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hasil dari penelitian ini sejalan dengan teori stakeholder, yaitu terdapatnya hubungan dan pengaruh yang erat antara perencanaan yang baik, pengawasan yang teliti dan kepemimpinan yang mumpuni terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh para stakeholder (pemangku kepentingan).

 

Keyword : Disdukcapil, Kepuasan Publik, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.