FEMINISASI KEMISKINAN (Studi Kualitatif pada Perempuan Miskin di Desa Kembang Belor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto)

Puji Laksono

Sari

Masyarakat miskin merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, yang terdiri dari kesatuan keluarga. Dalam kondisi kemiskinan yang dialami suatu keluarga ketika suami yang memiliki peran sentral tidak berjalan, biasanya keterlibatan istri menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan. Yang mana seorang istri akan berperan sebagai tulang punggung perekonomian keluarganya. Dalam himpitan ekonomi tentu mereka akan mengembangkan cara-cara khusus untuk tetap bertahan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami gambaran feminisasi kemiskinan, yakni peranan perempuan dalam upaya bertahan hidup keluarga miskin di Desa Kembang Belor Pacet Mojokerto.

Penelitian ini dilakukan pada perempuan miskin di keluarga miskin warga Desa Kembang Belor Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni penelitian yang mengandalkan data dari apa yang dilihat di lapangan atau setting alamiah. Teori yang digunakan adalah teori Feminisasi kemiskinan dan mekanisme survival dari James C.Scott. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Gambaran feminisasi kemiskinan yaitu ada dua faktor penyebab feminisasi kemiskinan : Pertama adalah karena suami tidak bekerja, hal ini dikarenakan suami sudah tidak produktif lagi atau mengalami kecacatan. Selain itu sulitnya mencari pekerjaan, sehingga si suami menjadi pengangguran. Kedua adalah penghasilan suami yang minim, sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga. (2). Mekanisme survival yang dilakukan oleh perempuan miskin adalah menjadi petugas kebersihan, berjualan kecil-kecilan, menjadi tukang laundry, dan mengembangkan jaringan sosial dengan tetangga untuk mencari pinjaman atau berbagi penghasilan dalam bentuk kerjasama.

Kata Kunci : Feminisasi, kemiskinan, perempuan miskin, mekanisme survival.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.