EFISIENSI PENYISIHAN BOD DAN COD LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN VARIASI KOMPOSISI MEDIA ZEOLIT-BIOBALL DAN WAKTU TINGGAL HIDRAULIK DARI BIOREAKTOR ANAEROB-AEROB (STUDI KASUS RSUD PRAMBANAN)

Sulvia Desica, M Masykuri, Prabang Setyono

Abstract

Rumah sakit merupakan penghasil limbah klinis terbesar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penyisihan konsentrasi BOD dan COD limbah cair rumah sakit sebagai indikator kualitas air limbah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan bioreaktor anaerob-aerob.Bioreaktor terdiri atas 2 wadah,  yaitu wadah anaerob dengan media penyangga bioball dan wadah aerob dengan media adsorben zeolit yang ditambahkan aerator. Efisiensi penyisihan polutan diketahui berdasarkan perhitungan perumusan dari konsentrasi polutan inlet dan outlet pengolahan. Analisa yang digunakan untuk menganalisa beda rerata adalah Analysis of Variance, sehingga ditemukan komposisi media dan waktu tinggal hidraulik yang paling efisien terhadap penyisihan polutan. Hasil yang diperoleh adalah bioreaktor komposisi 3 dan waktu tinggal hidraulik 18 jam adalah signifikan terhadap penurunan BOD dan COD. Pseudomonas sp adalah kultur bakteri yang kehadirannya dalam proses paling mendekati signifikansi. Dapat disimpulkan bioreaktor komposisi 3 efisien terhadap penyisihan polutan limbah cair rumah sakit dan Pseudomonas sp adalah kultur bakteri teridentifikasi dalam pengolahan limbah cair rumah sakit.

 

Kata Kunci: bioreaktor, komposisi media, waktu tinggal hidraulik, BOD dan COD

References

Alaerts dan Santika, 1987.Metode Penelitian Air. Surabaya: Usaha Nasional

Asmadi, 2013. Pengelolaan Limbah MedisRumah Sakit. Gosyen Publishing. Yogyakarta

Gasparikova et al, 2005. Evaluation Aanaerobik - Aerobic Treatment of Wastewater With the Use of Plants . Journal of Environmental Studies Vol . 14 No. 1 (2005 ) , 29-34 . Poland.

Jafrudeen dan Ahsan, 2012.Study of Widely Used Treatment Technologies For Hospital Wastewater Their Comparative Analysis. International Journal Advances in Engeneering and Technology. November 2012, Vol. 5, Issue 1, pp. 227-240.

Kulkarni dan Kherde, 2015.Research on Advanced Biological Effluent Treatment: A Review. International Journal of Research & Review 508 Vol. 2, Issue: 8, August 2015.

Lawrence, et al, 2002. . Colonization, Adhesion, Agregation and Biofilm, dalam Christon J. Hurst, Manual of Environmental Microbiology, 2nd .ASM Press, Washington DC.

Pruss, 2002. Pruss, A., 2002. Pengelolaan Aman Limbah Layanan Kesehatan.Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Said, 2005. Said, NI, 2005.Aplikasi Bioball Untuk Media Biofilter (Studi Kasus Pengolahan Air Limbah Pencucian Jeans). JAI Vol.1, No.1 2005

Schroeder, 1997.Design of Squencing Bach Reactor Activaed Sludge Processes. In civil Engeneering for Practising and Design Engeeners 2: 33-34.

Tampion dan Tampion, 1987.Tampion, J. dan Tampion, M., D., 1987.Immobilized cells: principles and applications.Cambridge University Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.