STUDI KASUS PENGARUH PARAMATER FISIKA DAN KIMIA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN WADER DI ANAK SUNGAI PEPE DESA SAWAHAN

Danila Desti Ramadhani

Abstract

Sungai merupakan salah satu tempat yang mudah tercemar. Pembuangan limbah secara tidak bertanggung jawab ke dalam sungai tanpa memperhatikan kemampuan daya dukung dan daya tampung lingkungan akan memberikan dampak buruk terhadap kualitas ekosistem. Selain itu, adanya laju pertumbuhan penduduk yang sangat besar baik dari dalam Desa Sawahan ataupun adanya migrasi penduduk yang berjalan seiring dengan pesatnya pembangunan di Desa Sawahan menyebabkan keberadaan sungai terancam. Sungai dengan kualitas lingkungan yang rendah tentu akan mempengaruhi ketersediaan makanan yang akan berpengaruh pula pada jumlah ikan diperairan. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui indikator kualitas sungai dengan parameter yang diukur meliputi suhu, pH, TSS, BOD dan DO serta untuk mengetahui pengaruh parameter fisika dan kimia Sungai di Desa Sawahan terhadap pertumbuhan Ikan Wader. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif menggunakan teknik sampling. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa Ikan Wader jantan dan betina baik sebelum dan sesudah sumber pencemar memiliki pertumbuhan yang lebih dominan pertambahan panjangnya dibandingkan pertambahan beratnya. Berdasarkan beratnya Ikan Wader yang terdapat di sebelum sumber pencemar memiliki bobot yang lebih berat dan lebih panjang dibandingkan Ikan Wader yang berada sesudah sumber pencemar. Hal ini karena sumber makanan dan nutrisi lebih banyak terdapat pada sungai sebelum sumber pencemar dan di tempat tersebut pula air tidak terlalu keruh dan padatan yang tersuspensi tidak terlalu tinggi.

References

Audiyanti. S, Z. Hasan, H. Hamdani, dan H. Herawati. 2019. Efektivitas Eceng Gondok dan Kayu Apu Sebagai Agen Fitoremediasi Limbah Sungai Citarum. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 10 (1) : 111-116.

Budi. R. K, A. H Sairazi, dan Nasrullah. 2021. Pradigma Fikih Sungai : Telaah Kebijakan Pemerintah dan Pemahaman Masyarakat Terhadap Konservasi Sungai di Kota Banjarmasin. Jurnal Hadratul Madaniah. 8 (1) : 1-12.

Deng. M., H. T. Liu, and Z. Ouyang. 2022. Characteristics and Driving Factors of Coastal Rural Domestic Waste of the Yellow River Delta in China. Journal of Cleaner Prouction. 1-12.

Irawati. D, D. Rachmawati, and Pinandoyo. 2015. Performa Pertumbuhan Benih Ikan Nila Hitam Melalui Penambahan Enzim Papain Dalam Pakan Buatan. Journal of Aquaculture Managamanent and Technology. 4 (1) : 1-9.

Kresnasari. D. 2020. Hubungan Panjang Berat Tiga Jenis Ikan Introduksi yang Tertangkap di Waduk Penjalin Kabupaten Brebes. 4 (1) : 28-34.

Lusiana. N, B. R. Widiatmono, dan H. Luthfiyana. 2020. Beban Pencemar BOD dan Karakteristik Oksigen Terlarut di Sungai Brantas Kota Malang. Jurnal Ilmu Lingkungan. 18 (2) : 354-366.

Muliah, N. F. R. Indaryanto, A. Rahmawati, M. A. Khalifa, D. Aryani, dan E. Munandar. 2020. Kebiasaan Makanan Ikan di Situ Gonggong Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 10 (2) : 233-244.

Ningrum. D. R. K, D. S. Budi, dan L. Sulmartiwi. 2019. Induksi Pemijahan Ikan Wader Pari Menggunakan Ovaprim Dengan Dosis Berbeda. Jurnal Ilmu Perairan Pesisir dan Perikanan. 8 (2) : 117-124.

Ramses. R, A. Ramli, F. Agustina, dan F Syamsi. 2020. Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Ikan Belanak di Perairan Pulau Panjang Kota Batam. 22 (3) : 144-152.

Randongkir. Y. E, F. Simatuw, dan T Handayani. 2018. Aspek Pertumbuhan Ikan Layang di Pangkalan Pendaratan Ikan Sanggeng Kabupaten Manokwari. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik. 2 (1) : 15-24.

Shi, J., L. Huang, E. Sanganyado, J. Mo, H. Zhao, L. Xiang, M. H. Wong, and W. Liu. 2022. Spatial Distribution and Ecological Risks of Polychlorinated Biphenyls in a River Basin Affected by Traditional and Emerging Electronic Waste Recycling in South China. Ecotoxicology and Enviromental Safety. 1-8.

Witono, Y, I. Taruna, W. S. Windrati, L. Azkiyah, and T. N. Sari. 2016. Wader Protein Hydrolysates : Production Biohemical and Functional Properties. Agriculture and Agricultureral Science. 482-492.

Yogafanny, E. 2015. Pengaruh Aktifitas Warga di Sempadan Sungai Terhadap Kualitas Air Sungai Winongo.

Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 7 (1) : 41-50.

Zulfadhli, N. Wijayanti, dan B. Retnoaji. 2016. Perkembangan Ovarium Ikan Wader Pari Dengan Pendekatan Histologi. Jurnal Perikanan Tropis. 3 (1) : 32-39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.