ANALISIS PENAATAN DOKUMEN UKL UPL OLEH PEMRAKARSA PENAMBANGAN MINYAK BUMI PADA SUMUR TUA DESA BANGOWAN KECAMATAN JIKEN KABUPATEN BLORA

Wahyu Yuwono, Purwanto P, Dwi P Sasongko

Abstract

Kegiatan penambangan minyak bumi pada sumur tua tentu selain memiliki dampak positif bagi masyarakat juga memberikan dampak terhadap kondisi lingkungan sekitar. Dalam mengurangi dampak negatif dan mengoptimalkan dampak positif Pengelola Penambangan Minyak Sumur Tua diwajibkan untuk menyusun Dokumen UKL UPL. KUD Wargo Tani Makmur Jiken merupakan pemrakarsa Dokumen UKL UPL pada Kegiatan Pengusahaan Sumur Tua di Lapangan Banyubang Desa Bangowan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penaatan Dokumen UKL UPL yang telah dilakukan pemrakarsa dan kendala yang dialami untuk melaksanakan penaatan Dokumen UKL UPL. Untuk menilai kriteria penaatan  dilakukan modifikasi dari kriteria Proper dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 5 Tahun 2011 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemrakarsa tidak taat dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan, dikarenakan tidak adanya karyawan yang khusus menangani dan menguasai pengelolaan lingkungan, belum dianggarkannya dana khusus untuk pengelolaan lingkungan berkaitan dengan besarnya anggaran yang diperlukan untuk secara kontinyu untuk pemantauan lingkungan.  Pengawasan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Blora terhadap pemrakarsa masih bersifat menunggu adanya laporan dari masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.