Pembuatan Susu Kedelai yang Tahan Lama Tanpa Bahan Pengawet

Ratri Desy Mawarni, Yuni Anggraini, Arif Jumari

Abstract


Susu kedelai memiliki susunan asam amino yang mirip dengan susu sapi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Kelemahannya adalah tidak tahan lama yang ditandai dengan perubahan tekstur, aroma, rasa dan warna. Metode pengawetan susu kedelai yaitu dengan pendinginan dan pemanasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pasteurisasi terhadap daya simpan susu kedelai. Metode yang digunakan yaitu pasteurisasi Low Temperature Long Time pada suhu 62,8°C selama 30 menit dan High Temperature Short Time pada suhu 71,7°C selama 15 detik. Setiap selang waktu 3 hari dilakukan pengamatan perubahan tekstur (pengukuran densitas dan viskositas), rasa dan aroma (pengukuran derajat keasaman), warna dan cemaran total bakteri. Dari penelitian disimpulkan bahwa susu kedelai yang diolah dengan metode pasteurisasi High Temperature Short Time memiliki mutu yang lebih baik daripada Low Temperature Long Time. Total cemaran bakteri lebih banyak pada susu kedelai dengan metode pasteurisasi Low Temperature Long Time. Susu kedelai dengan metode pasteurisasi Low Temperature Long Time memiliki daya simpan maksimal 13 hari dan dimungkinkan susu kedelai dengan metode High Temperature Short Time mampu bertahan lebih dari 13 hari. Dengan demikian metode pasteurisasi High Temperature Short Time lebih sesuai digunakan untuk proses pembuatan susu kedelai yang tahan lama tanpa bahan pengawet.


Full Text:

PDF
rticle

References


Abubakar, Triyantini, R. Sunarlim, H. Setiyanto, dan Nurjannah. 2001. Pengaruh Suhu dan Waktu Pasteurisasi Terhadap Mutu Susu Selama Penyimpanan. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner Vol. 6 No. 1.

Affan, Ibnu. 2017. Jumlah Cemaran Total Plate Count (TPC) dan Escherichia coli Susu Kambing Segar yang berasal dari Usaha Ternak Kambing Perah di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Amandan Hardjo. 1973. Komposisi Gizi Susu Kedelai Cair dan Susu Sapi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Anggraeni, Frida Dwi, Prihandani, Ririen. 2016.Pengaruh Jenis Komoditi Kedelai (Organik dan Anorganik) dan Suhu Penyimpanan Terhadap Umur Simpan Susu Kedelai. Malang : Universitas Widyagama.

Buckle, dkk. 1987. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedelai. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Istiqomah. 2014. Studi Kualitas Susu Kedelai dari Beragam Varietas Biji Kedelai dan Kondisi Pengolahan. Jember : Universitas Jember.

Jumadi. 2009. Pengkajian Teknologi Pengolahan Susu Kedelai. Jawa Timur : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Rohmah, Eka Efiyanti, Saputro, Triono Bagus. 2016. Analisis Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine max L) Varietas Grobogan pada Kondisi Cekaman Genangan. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol.5, No.2.

SNI 01-3830-1995, “Dewan Standardisasi Nasional Susu Kedelai”. Jakarta.

Widowati, Sri. 2016. Teknologi Pengolahan Kedelai. Bogor : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.