Nori Berbasis Rumput Laut Ulva lactuca Linnaeus dan Eucheuma cottonii: Pengaruh Komposisi

Endah Tianasaria, Mar’atul Sholihah Junaidi, Sperisa Distantina

Abstract


Rumput laut jenis Ulva lactuca linnaeus dan Eucheuma cottonii merupakan rumput laut yang dapat dijumpai di perairan Indonesia, namun pemanfaatannya sebagai bahan baku nori belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat nori dari rumput laut Ulva lactuca linnaeus dan Eucheuma cottonii, mengetahui pengaruh rasio berat Ulva lactuca linnaeus dan Eucheuma cottonii terhadap karakteristik nori, dan mengetahui kandungan gizi nori. Proses pembuatan nori meliputi pencucian rumput laut, perendaman dengan air dan asam asetat 4%, pencucian kembali, penghalusan, pemasakan dengan penambahan gliserol dan saos tiram kemudian dilakukan pencetakan dan pengeringan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil nori terbaik dengan komposisi rumput laut Ulva lactuca linnaeus : Eucheuma cottonii = 95% : 5%. Nori yang dihasilkan memiliki tekstur yang lentur dapat diaplikasikan untuk sushi tetapi kurang renyah. Analisis nori menunjukkan hasil bahwa nori dari Ulva lactuca linnaeus dan Eucheuma cottonii memiliki hidrasi 29,9%, kandungan air 10,86 %, mineral 15,2 %, lemak 4,36%, protein 13,3%, karbohidrat 56,28% dan tidak terindikasi adanya bakteri E-Coli.


Full Text:

PDF
rticle

References


Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP. 2013. Laporan tahunan Direktorat Produksi Tahun 2013. http://perpustakaan.kkp.go.id . Diakses pada tanggal : 4 September 2017.

Kementrian Perindustrian. 2016. Rumput laut. http://agro.kemenperin.go.id .Diakses pada tanggal : 25 Agustus 2017

Ningtyas, S. A., dan Putri, R. C. T. 2016. Inovasi nori dari rumput laut Ulva Lactuca dan Glacilariasp (ULGANORI) sebagai subtitusi nori impor di Indonesia. Laporan Tugas Akhir Program Studi DIII Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sari, L. R. P., dan Indah, M. P. 2014. Laporan Tugas Akhir Pembuatan Nori dari Rumput Laut Campuran Ulva Lactuca L. dan Gracilaria sp. Laporan Tugas Akhir Program Studi DIII Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Teddy, M. 2009. Pembuatan Nori Secara Tradisional dari Rumput Laut Jenis Gracilaria sp. Laporan Skripsi Program Studi Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Zakaria, F. R., Priosoeryanto, B. P., Erniati, dan Sajida. 2017. Karakteristik Nori dari Campuran Rumput Laut Ulva Lactuca. dan Eucheuma Cottonii.JPB Kelautan dan Perikanan Vol. 12 No. 1 Tahun 2017: 23-30, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Nurilmala, M, M. Wahyuni, H. Wiratmaja. 2006. Perbaikan Nilai Tambah Limbah Tulang Ikan Tuna (thunnus sp) Menjadi Gelatin Serta Analisa Fisika Kimia. Jurnal Buletin Teknologi Hasil Perikanan. 9(2):22-33.

Sumantri, dan Rohman, A. (2013) Analisa Makanan . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Halaman 7-10.

Ketaren, S., 1986, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, UI Press, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.