Efisiensi Energi dalam Pemanfaatan Limbah Panas dengan Boiler Heat Recovery Steam Generator (HRSG)

Vibianti Dwi Pratiwi, Juwari Purwo Sutikno, Renanto Handogo

Abstract


Sumber limbah panas termasuk gas pembakaran yang dibuang ke atmosfer, produk yang dipanaskan keluar dari proses industri dan perpindahan panas dari permukaan peralatan panas tersebut. Sekitar 20% hingga 50% panas yang hilang dari konsumsi energi dibuang sebagai limbah panas. Sistem boiler Heat Recovery Steam Generator (HRSG) sangat banyak digunakan dalam proses industri kimia untuk penghematan biaya operasi pabrik. Efisiensi energi dalam pemanfaatan limbah panas dengan boiler HRSG disimulasikan menggunakan Aspen Hysys. Perancangan boiler HRSG dengan Aspen Hysys sebagai upaya pemanfaatan kembali waste heat dari Kiln dan menghitung besar energi yang dapat dihasilkan dari rancangan boiler HRSG. Rancangan boiler HRSG yang terdiri dari economizer, evaporator, dan superheater yang disimulasikan menggunakan Aspen Hysys pada kondisi steady state. Data suhu, tekanan, mass flow, fraksi air dan udara diinputkan ke dalam rancangan flowsheet pada Aspen Hysys kemudian dihitung efisiensi energi dari rancangan boiler HRSG. Boiler HRSG yang disimulasikan menghasilkan steam suhu 300 °C dan dapat menurunkan suhu flue gas dari 325 °C menjadi 259,2 °C. Selain itu, rancangan boiler HRSG menghasilkan power turbin sebesar 1.141 kW pada kondisi steady state. Efisiensi energi yang didapatkan dari perancangan boiler HRSG dalam memanfaatkan limbah panas dari Kiln PT. Semen Gresik dengan simulasi Aspen Hysys sebesar 26,61%.


Full Text:

PDF
rticle

References


Industrial Technologies Program, “Waste Heat Recovery: Technology And Opportunities,” in U.S. Industry, USA: BCS Incorporated, 2008.

Rufaidah A. Pratiwi V D. Juwari. Renanto, “Simulasi Dinamika Boiler Heat Recovery Steam Generator menggunakan Aspen Hysys” Jurnal Teknik POMITS, Vol.2, No.1, 2014, ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print).

Ganapathy V,“Simulation Aids Cogeneration”, New York: Chemical Engineering Proggress, 1993.

Ganapathy V, “Steam Plant Calculation Manual 2nd Edition”, New York: Marcel Dekker Inc, 1993.

Kern Donald Q, “Processs Hear Transfer”, New York: Mc Graw Hill, 1955.

Sitepu T, Hadi Putra Silaban S, “Perancangan Heat Recovery Steam Generator (HRSG) yang Memanfaatkan Gas Buang Turbin Gas di PLTG PT. PLN (Persero) Pembangkitan dan Penyaluran Sumatera Bagian Utara Sektor Belawan”, Jurnal e-Dinamis, Vol. 8 No 4, Maret 2014 ISSN: 2338-1035.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.