HUBUNGAN PATRON KLIEN BLANDONG DENGAN MANDOR HUTAN

Fitriyah Nurul Faizah, Ekna Satriyati

Abstract

Hubungan Patron Klien Blandong dengan Mandor Hutan (Studi Tentang Aktifitas Ilegal di Hutan Jati Dander Kabupaten Bojonegoro). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana hubungan patron klien Blandong dengan Mandor hutan terjadi di hutan jati Dander, Bojonegoro, serta untuk mengetahui alasan dan terjadinya hubungan kerja yang dilakukan oleh Blandong dan Mandor hutan. Manfaat penelitian ini secara teoritis diharapkan mampu mengembangkan teori patron klien dan menjadi wacana berikutnya mengenai hubungan patron klien Blandong dan Mandor hutan. Secara praktis diharapkan dapat memberikan wacana yang dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat kabupaten Bojonegoro dan masyarakat umumnya bahwa hubungan yang terjalin antara Blandong dengan mandor hutan tersebut memiliki sisi positif yang perlu untuk dipertahankan guna pelestarian hutan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Metode pemilihan informan menggunakan snowball sampling, sejumlah tiga pasang informan penelitian . dengan menggunakan triangulasi sumber, untuk proses pemeriksaan keabsahan data melalui perbandingan data yang diperoleh dilapangan dari hasil wawancara ke enam informan penelitian. Hubungan patron klien Blandong dengan Mandor Hutan dilakukan dengan proses yang cukup panjang yang dibangun melalui hubungan baik secara turun temurun, adanya hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain dan terdapat hubungan sosial untuk mempertahankan hubungan kerja yang sudah terbentuk antara Blandong dengan Mandor hutan, di Hutan Jati Dander Kabupaten Bojonegoro.

Full Text:

PDF

References

Ahimsa,S.H. 2007. Patron & Klien Di Sulawesi Selatan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Damsar. 2014. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Perhutani. 2006. Perum Perhutani Unit II Jawa Timur: Penyempurnaan: Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat. Surabaya: Biro Pembinaan Sumberdaya Hutan.

Racmad, K. 2008. Sosiologi Lingkungan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ritzer, G. 2012. Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. (terj). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Scott, J. 1993. Perlawanan Kaum Petani. Cet. Pertama. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabert.

Sukidin, B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Percetakan Insan Cendekia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.