MIGRASI ORANG BUTON KE AMBON (Studi Pada Orang Buton Di Dusun Telaga Pangi Negeri Rumahtiga KecamatanTeluk Ambon, Kota Ambon)

Yani Talakua

Abstract

Proses migrasi penduduk di Ambon ini sudah berkembang cukup lama, namun pengetahuan ilmiah tentang migrasi penduduk dari berbagai sukubangsa di Ambon masih sangat terbatas. Untuk itu yang menjadi permasalahan umum yang dijumpai dalam usaha memahami dorongan untuk melakukan migrasi Orang Buton ke Ambon antara lain; 1). Mereka datang untuk mencari kehidupan yang lebih baik; 2). Kondisi tanah di tempat asal yang terbatas untuk melakukan usaha tani; 3). Mengikuti saudara-saudara mereka yang datang dan sudah menetap di wilayah Maluku maupun Ambon sejak dahulu; 4). Terjadi perkwinan. Migrasi Orang Buton yang berasal dari Sulawesi Tenggara ke  Ambon telah berlangsung cukup lama. Proses migrasi yang dilakukan oleh Orang Buton ke daerah ini terjadi karena; 1). Atas dasar kemauan mereka sendiri; 2). Tidak ada paksaan atau anjuran dari pihak manapun juga; 3). Kondisi yang terdapat di wilayah Pulau Buton pada waktu itu kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan usaha, karena Orang Buton mayoritas bekerja sebagai petani. Mereka dari wilayah Pulau Buton atau Buton Bau-Bau. Kedua kelompok Orang Buton ini yang mayoritas mendiami Dusun Telaga Pangi. Mereka sama-sama berasal dari Tanah Buton, tetapi ciri  khas yang membedakan mereka yaitu  bahasa  daerah,  adat-istiadat, dan  budaya. Tetapi sesama Orang Buton, mereka sampai saat ini dapat hidup secara bersama di Dusun Telaga Pangi Negeri Rumahtiga.

Full Text:

PDF

References

Abdulsyani, 2007. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmatiwi. 1995. 2-3, faktor ekonomi dan faktor geografis, Sosiologi pedesaan jilid 2

Beals, Ralph L. C. S. 1977. An Introductori Antropologis, Fifth Edition. Inc. New York.: Macmillan Publishing Co..

Bushar Muhamad. 1978. Sosiologi Pedesaan jilid 1,

Evers. Hans – Dieter 1979. Sosiologi Perkotaan. Jakarta: LP3ES.

Kantor Mentri Negara Kependudukan / Bkkbn. 1995. Studi Mengenai Kebijsanaan Migrasi Internasional. Jakarta. Indonesia.

Moleong, J, Lexy, 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cetakan Keduapuluh empat. Bandung: Rosda Karya.

Ritzer, George dan Goodman, Douglas, J. 2008. Teori Sosiologi Moderen, Cetakan I. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

George, Ritzer dan Douglas .J. Good Man .2007. Teori Sosiologi Modren .Edisi Ke-6. Jakarta: Penerbit Kencana Pranada Media Group Rawang.

Sztompka, Piotr. 2010. Sosiologi Perubahan Sosial, Cetakan Ke-5. Jakarta: Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.