ORKHESTRA JALANAN DI KOTA TENTANG MENJADI PENGAMEN, ORGANISASI SOSIAL DAN EKSISTENSI DALAM KEHIDUPAN KOTA

Drajat Tri Kartono

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena kehidupan pengamen jalanan di Surakarta. Melalui pendekatan Sosiologi Musik, Fenomena ini dilihat bukan sebagai kegiatan pekerja musik individual namun lebih dilihat sebagai kolektivitas. Orchestra jalanan kegiatan bekerja dan melakukan ekspresi musik secara kolektif dalam pertunjukkan orchestra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan sesorang mengambil peran dan identitas sebagai pengamen, upaya pengamen mengorganisir diri dan manfaat dari organisasinya serta, hubungan pengamen dengan pemerintah kota dalam mempertahanakan eksistensinya di kota. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi pendekatan fenomenologi. Teknik penetapan informan secara snowball, penelitian telah mewawancari pengamen, pengelola organisasi pengamen, lembaga swadaya masyarakat yang mendampingi pengamen dan juga aparatur pemerintah. Studi ini bersifat eksploratif yang berusaha melakukan diskripsi terhadap kehidupan pengamen di perkotaan secara keseluruhan dari keberadaannya secara individu, kelompok dan anggota masyarakat kota. Hasil penelitian ini menunjukan representasi pengamen di Surakarta merupakan rangkaian panjang dari perubahan struktur perekonomian: keterbatasan serapan dunia kerja, sempitnya lapangan kerja juga kebijkanan Pemutusan Hubungan Kerja. Pengamen memaknai diri mereka sebagai sebuah konsekuensi keterbatasan dunia kerja. Organisasi pengamen memainkan peran penting dalam perlindungan pengamen di Surakarta. Daya tahan (eksistensi) pengamen untuk tetap tampil dijalanan sebagian besar tidak ditentukan oleh selera masyarakat namun karena keberanian pengamen untuk terus mengamen ditengah suasana kota yang tidak mendukung.

Full Text:

PDF

References

Chris Manning & Tadjuddin Noer E. 1996. Urbanisasi Pengangguran dan Sektor Informal di Kota. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Denzin K Norman and Lincoln Y.S,. 1994. Handbook of Qualitatif Research London:Sage Publication.

duardo de La Fuante. 1998. Social Theory, Music and Modernity. Griffith University.

Tia De Nora, After Adorno. 2003 Rethinking Music Sociology. Cambridge University Press, New York.

Max Weber, trans Don martindale at all. 1958. The Rational and Social Foundation of Music.

Theodor W Adorno, Trans. E.B. Ashton. 1976. Introduction to the Sociology of Music. New York: Seabury Press.

Trans. Knut Tarnowski and Frederic Will. 1973. The Jargon of Authenticity. London: Routledge.

Trans. Anne G. Mitchell and Wesley V. 1973. Blomster. Philosophy of Modern Music. London: Sheed and Ward.

Perdue D William. 1986. “Sociological Theory”, Explanation, Paradigme, and Ideiology. California.

Ragin C Charles. 1994 Constructing Social Research. California.

Ritzer G. 1975. Sociology: a Multiple paradigm Science. London: Allyn and Bacon Inc.

Silbermann, Alphons, Trans by Corbert Stewart, Routledge and Kegan Paul. 1957. The Sociology of Music. Ltd, London.

(http://www.answers.com/topic/sociology-of-music).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.