UPAYA MEMBANGUN KEMITRAAN DALAM PENGELOLAAN SUNGAI YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN

Siti Zunariyah

Abstract

Pengelolaan sungai yang terdiri atas konservasi sungai, pengembangan sungai dan pengendalian daya rusak sungai dilakukan dengan melibatkan instansi teknis, swasta maupun masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan sungai. Salah satu pendekatan yang dapat ditempuh adalah dengan menjalin kemitraan diantara pihak yang berkepentingan dan memastikan pengelolaan sungai yang berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan studi eksplorasi pada tahun pertama. Teknik observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan Focus Group Discussion (FGD) dikembangkan dengan mengeksplorasi strategi pengelolaan sungai yang berbasis kemitraan dan berwawasan lingkungan. Adapun untuk kebutuhan penelitian ini maka akan dipilih Kota Surakarta sebagai sebagai lokasi studi dengan pertimbangan bahwa kota ini memiliki 4 sungai utama dan melintasi  43 kelurahan dari 55 kelurahan yang ada. Kondisi sungai di Kota Surakarta terus mengalami degradasi yang disebabkan oleh cara pandang masyarakat yang menempatkan sungai sebagai halaman belakang sekaligus tempat untuk membuang sampah maupun limbah rumah tangga maupun industri. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan melalui serangkaian kebijakan dan program pemerintah untuk mengurangi persoalan terkait dengan sungai. Peran serta masyarakat juga dilakukan dengan berbagai inisiatif maupun program yang dibentuk oleh pemerintah yang berasal dari beberapa kementrian atau Dinas. Kemitraan yang terbangun terlihat antara Dinas dengan komunitas peduli sungai yang menjadi bentukannya. Inisiatif dan gagasan program masih bersumber dari pemerintah, sementara komunitas atau warga berfungsi sebagai pelaksana program. Upaya mendorong kemitraan dalam pengelolaan sungai perlu terus dilakukan dan dikawal agar kepentingan masing-masing pihak baik pemerintah atau masyarakat dapat terkoordinasi dan terkoneksi dengan baik.

Full Text:

PDF

References

Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, 2017. Studi Kajian Daya Dukung Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai Kota Surakarta, Laporan Penelitian, Tidak dipublikasikan.

Ghina, Nabila Yumna dan Zunariyah, Siti, 2017, Pola Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Kampung Iklim di Kota Surakarta, Jurnal Dilema, Prodi Sosiologi, FISIP UNS.

Inoguchi, T, Newman, E dan Paoletto,G. 2003 Kota dan Lingkungan: Pendekatan Bary Masyarakat Berwawasan Ekologi, Jakarta LP3ES.

Irawan, Ilham Budi, 2018, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Bank Sampah, Skripsi FISIP UNS, Tidak dipublikasikan.

Kongres Sungai Indonesia, 2015, Indonesia Darurat Sumberdaya Air

Krueger, Richard A dan Mary Anne Casey,1994. Focus Groups: A Practical guide for applied research, Sage Publications, Inc.California.

Miles, Mattew B dan A Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualiatif, UI Press, Jakarta

Mitchell, B., B. Setiawan dan D.H. Rahmi. 2003. Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Moleong, Lexy J, 1995. Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung

Ontario Ministry Of Natural Resources 1995, Memorandum MNR Guide to Resource Management Partnerships-Administrative Considerations. Toronto, Ontario Ministry of Natural Resources, 25 July.

Ramdhon, Akhmad dan Zunariyah, Siti. 2017. Merekam Kali Pepe, Menggali (kembali) Pengetahuan Bersama Warga. Kampungnesia Press, Sosiologi FISIP UNS dan Rujak Curs.

Ramdhon, Akhmad dan Zunariyah, Siti. 2016. Pengembangan Peta Partisipatif Berbasis OSM Untuk Sungai-Kampung di Surakarta. Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna, LIPI.

Slamet, Yulius, 1996. Metode Penelitian Sosial, UNS Press Surakarta.

Solopos, 2015, Tata Kota: Solo Susun Cetak Biru Penataan Kali Pepe, Edisi 20 Februari 2015.

Suporahardjo. 2005. Manajemen Kolaborasi. Pustaka Latin. Bogor

Wiens L H 1995, Stakeholders misrepresented: Water News, Canadian Water Resources Association, 14(2) June: 3,7.

Zunariyah, Siti dan Ramdhon, Akhmad, 2009, Degradasi lingkungan dan konflik Sosial, Laporan Penelitian DIPA BLU FISIP UNS.

Zunariyah, Siti dan Ramdhon, Akhmad, 2016. Gerakan Sosial Warga dalam mendorong tata kelola sungai yang berwawasan lingkungan, Prosiding Seminar Nasional APSI-ISI, Padang

Zunariyah, Siti dan Demartoto, Argyo, 2017, Penyusunan Model Pengelolaan Sungai yang berbasis Kemitraan dan Berwawasan Lingkungan, Laporan Penelitian, LPPM UNS, Tidak Dipublikasikan.

Zunariyah, Siti dan Ramdhon, Akhmad, 2017, “Memetri Kali” as transformative learning model for sociology students to care about environmental issues, Proceding on Regionalization and Harmonization in TVET – Abdullah et al. (Eds) © 2017 Taylor & Francis Group, London, ISBN 978-1-138-05419-6.

Zunariyah, Siti dan Ramdhon, Akhmad, 2018. Merawat Kali-Merancang Asa Kota Kontestasi dan Partisipasi Komunitas atas Dinamika Sungai

di Kota Surakarta, Jurnal Sosiologi Reflektif, UIN Sunan Kalijaga.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.