TINDAKAN SOSIAL PENGUSAHA KERAJINAN LOGAM DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA (Studi Kasus di Sentra Industri Kerajinan Logam Desa Tumang)

Ghufronudin Ghufronudin

Abstract

Perdagangan bebas yang memungkinkan adanya persaingan industri dagang yang berat bisa mengancam keberlangsungan industri kerajinan logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan internal dan eksternal yang dihadapi pengusaha dalam menjaga kelangsungan usaha serta strategi yang dilakukan pengusaha dalam menjaga kelangsungan usaha. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini dilaksanakan di Sentra Industri Kerajinan Logam Desa Tumang dengan informan yang dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber, kemudian dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan internal yang dihadapi pengusaha kerajinan logam dalam menjaga kelangsungan usaha meliputi persoalan manajemen sumber daya manusia, jaringan usaha dan persoalan iklim persaingan usaha di antara pengusaha kerajinan logam. Persoalan eksternal meliputi persoalan memperoleh peluang dan memperbesar pangsa pasar, mengakses sumber permodalan serta kurang terpadunya pembinaan pemerintah. Tindakan sosial yang dilakukan pengusaha dalam mempertahankan keberlangsungan usaha meliputi tindakan rasioanal instrumental, tindakan rasional berorientasi nilai, tindakan tradisional dan tindakan afektif.

Full Text:

PDF

References

Efiyana. 2010. Pengaruh Coping Strategies Terhadap Technology Acceptance Model (TAM) Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Pengguna Facebook di Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

http://www.kemenperin.go.id/artikel/16896/Kerajinan-Logam-IKM-Boyolali-Berorientasi-Ekspor

Johnson, D. P. 1998. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Terj Lawang, R. M. Z. Jakarta: PT Gramedia.

Miles, M. B and Huberman, A. M .1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Michigan University: Sage Publications.

Munandar, A. R. 2016. Strategi Mempertahankan Eksistensi Perusahaan Keramik Burat Kriasta di

Kasihan, Bantul Dalam Menyiasati Persaingan Global. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kriya Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sastrahadiwiryo, S. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratif dan Operasional). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setiawan, S. 2012. ASEAN-CHINA FTA: Dampaknya Terhadap Ekspor Indonesia dan Cina. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan. Vol. 6 No. 2 Desember 2012.

Wajdi, M. F. 2005. Dinamika Sentra Industri Kecil Menuju Era Perdagangan Bebas. Jurnal Manajemen dan Bisnis UMS Vol. 9, No. 2.

Yin, R. 2014. Case Study Research: Design and Methods. (5th Edition). Thousand Oaks, CA: Sage.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.