PELESTARIAN NILAI NILAI TRADISI ADAT DUSUN CETHO DALAM RANGKA PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA SEJARAH DAN RELIGI

Anisa Dwi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari adanya nilai tradisi adat umat Hindu “Galungan” yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang dilihat dari beberapa aspek yang dianggap unik selain itu merupakan acara ritual keagamaan hindu yang dapat menjadikan pengembangan destinasi wisata sejarah dan religi di Kabupaten Karanganyar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Modal Sosial dari Pierre Bordieu. Dalam penelitian ini Modal Sosial yang dilmiliki masyarakat dan pihak Dinas Pariwisata untuk meningkatkan wisatawan mengunjungi objek wisata Candi Cetho yang dilihat dari aspek tradisi adat “Galungan” bertujuan untuk menjadikan Pengembangan Destinasi Wisata dan Sejarah di Kabupaten Karanganyar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelestarian di Lokasi Candi Cetho dilihat dari aspek Tradisi Adat “Galungan” dapat menjadikan objek wisata Candi Cetho lebih meningkat wisatawannya baik dari domestik maupun mancanegara. Hal tersebut terlihat dari tiap tahun yang dibuat oleh pihak Dinas mengenai peningkatan wisatawan yang mengunjungi objek wisata tersebut. Dapat menjadikan pengembangan destinasi wisata sejarah dan religi di Kabupaten Karanganyar karena mengunggulnya aset wisatawan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN  0215-9635