AKSES ANAK PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Akses Anak Perempuan Dalam Pendidikan Dalam Perspektif Gender Di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan akses anak perempuan dalam pendidikan dalam perspektif gender di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan teknik analisis gender yaitu Teknik Analisis Harvard. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah orang tua dengan latar belakang status sosial ekonomi yang berbeda dan mempunyai anak laki-laki dan perempuan. Teknik pengambilan sample adalah purposive sampling. Lokasi penelitian di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan, serta untuk validitas data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyataannya akses pendidikan untuk anak perempuan masih rendah di Desa Suluk. Jumlah perempuan yang memiliki akses untuk ke jenjang Perguruan Tinggi rendah jika dibandingkan dengan laki-laki. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena adanya ketidakadilan pada akses pendidikan antara anak laki-laki dan anak perempuan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi akses terhadap anak perempuan dalam memperoleh pendidikan yaitu perekonomian orang tua, budaya patriaki yang masih melekat dalam masyarakat, Pelabelan (stereotipe) orang tua terhadap anak perempuan, dan kesadaran orang tua yang masih rendah terhadap pentingnya pendidikan terhadap anak perempuan. Ketidakadilan dalam akses pendidikan membuat perempuan mengalami kondisi yang kurang menguntungkan karena dengan pendidikan yang rendah perempuan akan kurang dalam mengembangkan dirinya sendiri di dalam keluarga dan sektor publik.
Kata Kunci: Akses, Anak Perempuan,Pendidikan, GenderReferences
Dwi, Ismi. 2008. Reformasi Kebijakan Pendidikan Menuju Kesetaraan dan Keadilan Gender. Surakarta : Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press)
Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Handayani H, Sugiarti. 2001. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang : Pusat Studi Wanita dan Kemasyarakatan Universitas Muhammadiyah Malang
Mufidah. 2003. Paradigma Gender. Malang : Bayumedia
Murniati, Nunuk. 2004. Getar Gender Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum dan HAM. Magelang : Indonesia Tera dan Yayasan Adikarya IKAPI The Ford Foundation
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mosse, Julia C. 2009. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Rifka Annisa Women’s Criisis Centre dan Pustaka Pelajar
Muthali’in, Achmad. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta : Muhammadiyah University Press
Nugroho, Riant. 2008. Gender dan Strategi Pengarusutamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slamet, M.Sc. 2006. Metode Penelitian Sosial. Universitas Sebelas Maret Surakarta : Penerbit Lembaga Pengembangan dan Pendidikan (LPP) dan UPT Penerbitan dan Pencetakan (UNS press)
Sumiarni, Endang dan M. Hum. 2004. Jender dan Feminisme. Yogyakarta : Wonderful Publishing Company
Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Suyanto, Bagong. Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Internet:
“Gender Inequality And Higher Education”, Vol: 22 pp. 153-185 diakses pada tanggal 17 Februari 2017, dari www.annualreviews.org/doi/abs/10.1146/annurev.soc.22.1.153.com
“Gender Inequality In Urban China: Education And Employment”, Vol: 18 pp: 333-370 diakses pada tanggal 28 Januari 2017, dari www.journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177.com
“Kesetaraan Gender Dalam Akses Pendidikan (Studi Kasus Di Dukuh Randu Kuning Desa Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen)”, diakses pada tanggal 7 Desember 2016, dari www.digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/36197/Kesetaraan-Gender-Dalam-Akses-Pendidikan-Studi-Kasus-Di-Dukuh-Randu-Kuning-Desa-Krebet-Kecamatan-Masaran-Kabupaten-Sragen.com
“Ketidaksetaraan Gender Bidang Pendidikan: Faktor Penyebab, Dampak, dan Solusi”
diakses pada tanggal 7 Desember 2016, dari www.:ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/view/513.com
Pengertian Anak Menurut Definisi Ahli dan Undang-undang Kesejahteraan Anak, diakses pada tanggal 8 Januari 2017, dari http://www.landasanteori.com/2015/08/pengertian-anak-menurut-definisi-ahli.html
Penelitian:
Wisnu Setyo Nugroho . 2013. Tindakan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Adil Gender (Studi Kasus Di Dusun Ngemplak Kelurahan Mojosongo Surakarta). Universitas Sebelas Maret
Gabby Kumala Sari. Pembagian Kerja Akses Kontrol dan Manfaat terhadap Sumber Daya Ekonomi Keluarga (Studi Kasus pada Keluarga Odapus di Komunitas Griya Kupu Solo). 2015. Universitas Sebelas Maret
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN 0215-9635