PERAN PEREMPUAN WIRAUSAHA DI DALAM PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Perempuan yang tergabung dalam Organisasi JARPUK “Ngudi Lestari” di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta di Dalam Perekonomian Rumah Tangga)

Primora Elsa

Abstract


PRIMORA ELSA. D0311051. Peran Perempuan Wirausaha di Dalam Perekonomian Rumah Tangga ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Perempuan yang Tergabung Dalam Organisasi JARPUK “Ngudi Lestari” di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta di Dalam Perekonomian Rumah Tangga ). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017.

      Naiknya harga barang – barang kebutuhan pokok akhir – akhir ini semakin menambah jumlah pengeluaran setiap keluarga. Di latar belakangi oleh hal tersebut, banyak para istri yang turut bekerja guna meringankan beban suami mereka. Di Kota Surakarta, terdapat Organisasi JARPUK ( Jaringan Perempuan Usaha Kecil ) yang mewadahi para perempuan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk melihat segala bentuk aktivitas yang mereka lakukan dalam usaha untuk menambah pendapatan keluarga dan seberapa besar kontribusinya di dalam membantu perekonomian keluarga.

      Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pedoman wawancara, dan observasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data. Teknik analisa data yaitu dengan model analisa interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ekonomi tentang Kewirausahaan.

      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya terdapat berbagai macam aktivitas produktif yang para istri lakukan sebagai peran mereka dalam usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Dan juga besar pendapatan dan kontibusi yang mereka berikan untuk membantu perekonomian rumah tangga juga beragam.

                                                                                      

Kata Kunci: Peran, Wirausaha Perempuan, JARPUK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN  0215-9635