RESPON BIRAHI KAMBING PERANAKAN ETAWA BETINA YANG MENDAPAT SUPLEMENTASI PAKAN UREA MOLASES MINERAL ANTI PARASIT BLOK DALAM PROGRAM SINKRONISASI ESTRUS MENGGUNAKAN HORMON PROSTAGLANDIN F2α

Sigit Prastowo, Adi Ratriyanto, Sudiyono Sudiyono, Sunarto Sunarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon estrus kambing PE betina yang mendapat pakan suplemen UMMAT blok, dalam program Sinkronisasi Estrus. Penelitian dilaksanakan di Experimental Farm Jatikuwung, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Materi yang digunakan adalah 9 ekor kambing PE betina yang dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Kelompok 1 adalah perlakuan pemeliharaan dengan pakan hijauan, kelompok 2 pakan hijauan dan UMMAT blok  dan kelompok 3 pakan hijauan dan konsentrat. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, analisa data menggunakan anova. Sinkronisasi Estrus dengan injeksi 0.5 ml hormon PGF2α secara intramuscular, interval 11 hari pengamatan waktu, lama dan tanda-tanda estrus pada setiap individu kambing seluruh kelompok perlakuan.

Hasil penelitian diperoleh data estrus pada masing-masing kelompok yaiu, waktu estrus (jam) 30.67, 28.67, 27.66 dan lama estrus (jam) 33.67, 35.67, 35.66. Hasil uji anova menunjukkan beda nyata (P<0.05) pada waktu estrus antara kelompok 1 dengan kelompok 2 dan 3. Secara deskriptif terdapat tanda-tanda estrus yang teramati pada seluruh kelompok perlakuan yaitu vulva bengkak, mengeluarkan mucus dan ekor diangkat.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa UMMAT blok mampu meningkatkan dan memperbaiki kinerja reproduksi kambing PE betina dalam proses Sinkronisasi Estrus.

Keywords

Peranakan Etawa

Full Text:

PDF

References

Chao, L., K. Takayama, Y. Nakanishi, K. Hamana, M. Takagi, C. Kubota dan T. Kojima. 2008. Luteal llifespan and Fertility After Estrus Synchronization in Goats. J. vet. Sci. 9(1): 95-101.

Dogan, I., Nur, Z., Gunay, U., Sagirkaya, H., Soylu, M.K., dan Sonmez, C. 2005. Estrous Synchronization During the Natural Breeding Season in Anatolian Black Does. Vet Med-Czech, 50(1): 33-38.

Hafez, B., dan E.S.E. Hafez. 2000. Reproduction iin Farm Animals. 7th Ed. Lippincot Williams and Wilkins. Philadelphia.

Karikari, P.K., E.Y. Blasu, dan E.L.K. Osafo. 2009. Reproductive Response of West African Dwarf Does to Prostaglandin Administration. World Applied Science Journal 6(4): 542-545.

Senger, P.L. 2005. Pathway Pregnancy to Parturition. 2nd Revised Ed. Current Conception Inc. Pullman.

Squires, E.J. 2003. Applied Animal Endocrinology. CABI Publishing. Cambrige.

Toelihere, M.R. 1981. Fisiologi Reproduksi pada Ternak. Penerbit Angkasa. Bandung.

Whitley, N.C., dan D.J. Jackson. 2004. An Update on Estrus Synchronization in Goats: A Minor Species. J. Anim. Sci. 82 (E. Suppl.): E270-E276.

Wildeus, S. 2000. Current Concepts in Synchronization of Estrus: Sheep and Goats. J. Anim. Sci. 77: 1-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.