Keterkaitan Sirip Jalan Sosrowijayan, Sirip Jalan Dagen dan Sirip Jalan Beskalan Terhadap Aktivitas Wisata di Jalan Malioboro

Ghoffar Reza Galvani, Dwita Hadi Rahmi

Abstract

Yogyakarata merupakan salah satu tujuan wisatawan menghabiskan waktu luang untuk berwisata. Dengan daya tarik wisata, sarana dan prasarana yang menjadikannya menjjadi destinasi tujuan berwisata. Malioboro adalah salah saatu tujuan wisatawan berkunjung ke kota ini. Baik suasana, kuliner serta pernak-pernik menjadi hal yang menonjol di Malioboro. Tidak lepas dari hal tersebut, keberadaan Malioboro memberikan dampak perkembangan bagi sirip-sirip jalan disekitarnya. Seperti Sirip Jalan Sosrowijayan, Sirip Jalan Dagen dan Sirip Jalan Beskalan. Ketiga sirip mengalami perkembangan dengan adanya aktivitas wisata yang terjadi di Jalan Malioboro. Perkembangan yang dialami oleh sirip jalan adalah dengan tersedianya fasilitas-fasilitas pendukung wisata yang membantu wisatawan untuk menikmati wisata disepanjang Jalan Malioboro. Fasilitas yang dimaksudkan adalah fasilitas berupa penginapan, warung makan, kantung parkir hingga jasa-jasa lainnya yang tersedia di sepanjang sirip jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterkaitan sirip Jalan Sosrowijayan, sirip Jalan Dagen dan Sirip Jalan Beskalan terhadap aktivitas wisata di Jalan Malioboro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara langsung ke lokasi penelitian sehingga dapat ditentukan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan wisata dan melakukan wawancara kepada 60 wisatawan yang terbagi atas 20 wisatawan per-masing-masing sirip jalan sehingga didapatkan aktivitas wisatawan selama berada di sirip jalan. Analisis yang dilakukan merupakan identifikasi persebaran fasilitas terhadap ketiga sirip jalan, analisis kegiatan wisatawan selama berada di sirip jalan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sirip Jalan Sosrowijayan, sirip Jalan Dagen dan sirip Jalan Beskalan memiliki keterkaitan terhadap aktivitas wisata di Jalan Malioboro karena sirip jalan memberikan daya tarik bagi wisatawan sehingga wisatawan yang menjadikan Jalan Malioboro sebagai tujuan wisata utama ingin berkunjung ke dalam sirip jalan. Sehingga terjalin keterkaitan antara sirip jalan dengan aktivitas wisata yang dijalani oleh wisatawan. Terdapat kecenderungan wisatawan yang berwisata ke Malioboro akan berkunjung juga ke sirip jalan karena tertarik dengan hal lain selain daya tarik yang ditawarkan di tujuan wisata utama yaitu Jalan Malioboro. Sirip Jalan Sosrowijayan, Dagen dan Beskalan memiliki potensi untuk pertumbuhan fasilitas-fasilitas wisata sebagai dukungan aktivitas wisata yang terjadi di Jalan Malioboro.

Full Text:

PDF

References

Adhisty Manan, R. H. (2018). Conformity Analysis of Commercial Space Utilization as The Tourism Supporting Activities : A Case Study at Sosrowijayan, Yogyakarta. Ahsanul Fathiyyatun Nisa, R. H. (2014). Kajian Keberadaan Wisata Belanja Malioboro Terhadap Pertumbuhan Jasa Akomodasi di Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen; 2014. Anugraheni, S. P. (2014). Pengaruh Activity Support Terhadap Karakter Visual Kawasan Pecinan Semarang di Malam Hari. Studi Kasus : Jalan Gang Warung. Dorais, L. J. (1988). Intoit Identity In Canada. 23 - 31. Giles, H., & Johnson, P. (1987). Ethnolinguistic Identity Tehory : A Social Psychological Approach to Language Maintenance. The International Journal of the Sociology Language, 69-99. Halim, G. (2019). “Karakter Townscape Koridor Kawasan Pecinan” Kasus : Kampung Ketandan, Yogyakarta. Irfan Hertanto, E. T. (2017). Corridor as A Transition at Tourism Area in Yogyakarta. J, R. (1993). "Personal Identity and Social Structure in Saint Maartin: A Plural Identity. Unpublished Thesis/Dissertation, 157 - 159. Jansen-Verbeke, M. (1988). Leisurem Recreation, and Tourism in Inner Cities : Exolorative Case-studies. Koninklijk Nederlands Aardrijkskundig Genootschap. Pangandaheng, Y. G. (2020). Relasi Fenomena Fisik dan Psikologi Pada Pembentukan Ruang Transisi Gang Sosrowijayan di Yogyakarta. Pendit, N. S. (1987). In Ilmu Pariwisata (p. 148). Jakarta: Pradnya Paramita. Riska Ardelia Permatasari, H. W. (2017). Daya Tarik Kawasan Sosrowijayan, Yogyakarta sebagai Kampung Wisata Bagi Wisatawan Mancanegara. Rivai. (2004). 149. Soejono. (1986). Sosiologi Suatu Pengantar. Yeates, M., & Garner, B. (1980). The North American City. Third Edition. San Fransisco. Harper and Row Publisher. Yinger, J. (1976). "Ethnicity in Complex Societes". The Use of Controversy in Sociology, 200. Yogyakarta, B. K. (2020). Kota Yogyakarta Dalam Angka 2020. Yogyakarta. Yustisia, A. (2004). Optimalisasi Penyediaan Ruang Parkir Pada Pusat Perbelanjaan Ramai Family Mal Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.