POTENSI WISATA BUDAYA PADA MASYARAKAT SUKU KALANG KOTAGEDE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Anik Warih Siti Haryani, Enny Mulyantari, Mona Erythrea Nur Islami, Yeni Rosilawati

Abstract

Masyarakat  Kalang sudah ada sejak lama dan mempunyai sejarah panjang di Jawa. Kalang adalah kelompok suku yang sebelumnya hidup mengembara di hutan dan memiliki kemahiran dalam bidang perkayuan dan pertukangan hingga menarik para penguasa kasultanan, sejak saat itu mereka tinggal menetap dan menyesuaikan diri. Penyesuaian diri dengan masyarakat Jawa diantaranya bahasa, mata pencaharian, serta agama. Peninggalan masyarakat Kalang di Kotagede yang berupa rumah dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Indische, tradisi Kalang Obong, dan sejarah masyarakat Kalang merupakan modal utama sebagai potensi atraksi wisata budaya dengan memperhatikan suatu pengelolaan berbasis pelestarian

Full Text:

PDF

References

Arjana, I Gusti Bagus. 2015. Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 2018. Data Statistik Kepariwisataan 2018. Yogyakarta.

Munandar, Agus Aris. Revianur, Aditya. Wahyudi, Deny Yudo. 2018. Tuha Kalang : Orang Kalang Dalam Kebudayaan Jawa. Jakarta : Wedatama Widya Sastra.

Purwanto, Bambang. 2005. “Kekerasan dan Kriminalitas Di Kota Pada Saat Transisi: Kotagede, Yogyakarta Pada Akhir Masa Kolonial dan Awal Kemerdekaan.” Kota Lama Kota Baru: Sejarah Kota-Kota Di Indonesia. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Srisumarnisjahril. 2018. Perpustakaan Digital Budaya Indonesia: Kalang Obong Kendal.(http://www.budayaindonesia.org), diakses padatanggal 7 Mei 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.