BUDAYA PEMBELAJARAN DIGITAL MELALUI IMPLEMENTASI METODE AUDIO VISUAL KARTU PINTAR DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN PADIRAH, JEBRES

Apin Fitri Amalina, Aga Prasetya Amanda, Diva Primadani Putripraja, Fazri Pristichandini Bachtiar, Fahri Setyo Utomo, Istijabatul Aliyah

Abstract

Gagasan PKM-PM berjudul Implementasi Metode Pembelajaran Audio Visual berbasis Kartu Pintar sebagai Media Ajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Padirah, bertujuan memasyarakatkan inovasi penggunaan metode pembelajaran audio visual berbasis kartu pintar untuk meningkatkan minat belajar dari anak-anak di TPA. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya permasalahan pembelajaran yang tidak efektif karena waktu pembelajaran singkat dan kurangnya tenaga pengajar, minat belajar murid rendah, dan terbatasnya konten pembelajaran ilmu agama Islam bagi murid. Metode pengabdian terdiri dari perancangan program dan persiapan alat, penyuluhan program, implementasi program, dan evaluasi. Implementasi program dilakukan dengan membagi menjadi dua kelas yaitu kelas A melakukan kegiatan setor bacaan Al-Qur’an terlebih dahulu dan kelas B melakukan kegiatan pembelajaran audio visual dengan media ajar kartu pintar terlebih dahulu. Kelas B hanya satu pengajar yang dibutuhkan sebagai pembimbing dari murid-murid terhadap pembelajaran yang diajarkan. Pembelajaran pada bagian ini berfokus pada peningkatan aqidah & akhlak, hafalan bacaan sholat maupun wudhu, praktek ibadah, hafalan surat pendek dan doa harian serta mendalami kisah-kisah nabi sebagai tauladan. Pengukuran keberhasilan program dilakukan melalui metode kuesioner pendekatan evaluatif. Hasil dari kuesioner bahwa terdapat peningkatan ketertarikan murid terhadap pembelajaran, pemahaman murid terhadap materi, serta efektivitas pembelajaran yang dirasakan oleh pengajar. Ketertarikan murid dapat dilihat dari antusias murid TPA yang memperhatikan materi di dalam kartu pintar sebagai media ajar. Media audio visual mampu memvisualkan materi yang diajarkan dengan audio yang akan memperkaya wawasan murid. Terkait dengan efektivitas pembelajaran yang dirasakan oleh pengajar bahwa implementasi pembelajaran ini efektif karena hanya memerlukan satu pengajar sebagai pendamping.

 

Kata Kunci: pengabdian masyarakat, pendidikan, audio visual, kartu pintar

Full Text:

PDF

References

Ajhuri, K.F. and Saichu, M. 2018. Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang,Badegan, Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(02).

Dewantoro, H.H. 2018. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baiturrahman Dusun Klidon Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Liana, P. dan Sahri, S., 2020. Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 8(2).

Putri, A.A.A.D., 2019. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), pp.246-250.

Rizqika, Fahra Diba. 2015. Penerapan Media Audio Dan Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Ketrampilan Menulis Di Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Purwokerto

Windaviv, S., 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Perwanida Rejoso Nganjuk S. PAUD Teratai, 3(1).

Yusmarwati, Y., 2018. Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerita Anak di Kelas V SD Negeri 018 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), pp.387-394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.