STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS IDENTIFIKASI KLASTER WISATA BUDAYA KOTA SURAKARTA

Indah Nugraheni, Istijabatul Aliyah

Abstract

Sektor pariwisata adalah sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Program pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata daerah diharapkan memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi. Sekarang ini, Pemerintah kota maupun daerah berlomba-lomba untuk mengelola tempat wisata secara maksimal dengan tujuan agar memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surakarta Tahun 2016-2021 yang menyebutkan bahwa visi Kota Surakarta yaitu “Terwujudnya Surakarta sebagai Kota Budaya, Mandiri, Maju dan Sejahtera”, Kota budaya dapat dijadikan sebagai branding kota Surakarta untuk dapat menjadi modal dasar pengembangan sektor pariwisata yang berbasis budaya. Persaingan di pasar wisata semakin ketat dan perubahan industri pariwisata di masa lalu beberapa dekade di mana metode operasi tradisional tidak dapat diterapkan lagi. Oleh karena itu,dilakukan perbaikan dalam pengembangan pariwisata stategis daerah. Maka dari itu perlu dibuat strategi untuk mengembangkan wisata budaya di Kota Surakarta yaitu dengan membuat klaster wisata budaya sesuai dengan minat wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal ini berfungsi agar wisatawan lebih tertarik untuk berwisata sesuai dengan minat mereka.
Kata Kunci: Wisata Budaya, Strategi Pengembangan, Klaster Wisata Budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.