APLIKASI BAHASA INGGRIS PERSUASIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROMOSI PARIWISATA SOLO RAYA
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) “Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Solo Raya” ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mitra dalam menggunakan bahasa Inggris persuasif secara efektif untuk mempromosikan dan memasarkan produk pariwisata Solo Raya agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut. Program Kemitraan Masyarakat berupa IbM ini didasarkan atas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra (Wilis Tour dan Bumi Kentingan Tour & Travel), yakni: (1) terbatasnya pengetahuan mitra mengenai bahasa Inggris persuasif, (2) terbatasnya kompetensi mitra untuk menggunakan bahasa Inggris persuasif secara tepat untuk memperluas jangkauan pasar (wisatawan internasional) yang menjadi target, (3) terbatasnya ketrampilan mitra untuk mengaplikasikan bahasa Inggris persuasif secara efektif guna mempromosikan produk pariwisata Solo Raya, (4) terbatasnya kompetensi mitra untuk memadukan bahasa Inggris persuasif dengan media teknologi informasi dan komunikasi secara sinergis, serta (5) terbatasnya peralatan yang dimiliki mitra untuk menunjang promosi dan pemasaran produk pariwisata Solo Raya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Solo Raya ini meliputi: (1) metode diskusi untuk menentukan langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan kegiatan, (2) metode sharing pengetahuan dengan mitra, (3) metode transfer pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra, dan (4) metode pendampingan untuk mengaplikasikan bahasa Inggris persuasif dalam rangka meningkatkan efektifitas promosi pariwisata Solo Raya. Hasil dari PKM – Aplikasi Bahasa Inggris Persuasif untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Pariwisata Solo Raya ini adalah meningkatnya kompetensi mitra dalam menggunakan bahasa Inggris persuasif secara efektif untuk mempromosikan dan memasarkan produk pariwisata Solo Raya agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Solo Raya tersebut.
Kata Kunci: bahasa Inggris persuasif, efektifitas, pariwisata, promosi, Solo Raya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.