TRANSFORMASI MEDIA PEMASARAN PRODUK BATIK BAYAT TULIS PEWARNA ALAM UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR

Galing Yudana, Istijabatul Aliyah, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract

Keterampilan seni batik di daerah Bayat pada awalnya diajarkan oleh Sunan Bayat atau Ki Ageng Pandanaran dengan mengajarkan kepada para penduduk sekitar, pada waktu itu Sunan Bayat berharap bahwa keterampilan membatik bisa berguna bagi para penduduk Bayat untuk memenuhi kebutuhan sandangnya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dengan : 1) pelatihan dan pendampingan membuat rencana pemasaran secara online dan offline; 2) Pelatihan pemotretan dan penataan layout Album Produk Batik Bayat; 3) Pelatihan membuat, mengelola dan meng-update data website Batik Bayat; 4) Pembuatan dan Pemasukan dalam situs jejaring sosial Facebook dan Twitter; 5) Pengembangan dan pembuatan manajemen pembukuan yang sesuai untuk pemasaran secara online dan offline. Hasil jangka pendek yang ditargetkan dari pengabdian masyarakat ini adalah 1) Bentuk rencana pemasaran secara online dan offline; 2) Album Produk Batik Bayat; 3) Website resmi Batik Bayat; 4) Akun situs jejaring sosial Facebook dan Twitter; 5) Pembukuan online dan offline. Dalam jangka panjang, program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UKM Batik Bayat melalui kemandirian dalam pemasaran dan perluasan jangkauan pemasaran, serta pengembangan penggunaan media mutakhir.
Kata Kunci: Transformasi Media Pemasaran, Produk Batik Tulis Pewarna Alami Bayat, Jangkauan Pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.