PERLUASAN JARINGAN PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK BATIK MASARAN UNTUK MENDUKUNG PENGUATAN EKONOMI LOKAL

Riwi Sumantyo, Tjahjo Prabowo, Rara Sugiarti

Abstract

Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Perluasan Jaringan Pemasaran dan Pengembangan Produk Batik Masaran untuk Mendukung Penguatan Ekonomi Lokal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar dan mendiversifikasi produk batik yang dihasilkan oleh UKM Batik Sukowati Asri yang beralamat di RT 10 RW 02 Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen dan UKM Batik Mahmudah di RT 13 RW 03 Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Kegiatan IbM ini didasarkan atas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UKM Batik Sukowati Asri dan Batik Mahmudah, yakni: (1) terbatasnya variasi motif batik yang diproduksi oleh UKM, (2) terbatasnya diversifikasi warna, baik warna alam maupun warna sintetis yang dihasilkan, (3) terbatasnya desain (model) baju batik yang sudah jadi dan siap pakai, (4) terbatasnya jaringan pemasaran, dan (5) terbatasnya strategi pemasaran dan pasar yang menjadi target UKM. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan IbM Perluasan Jaringan Pemasaran dan Pengembangan Produk Batik Masaran untuk Mendukung Penguatan Ekonomi Lokal ini meliputi: (1) metode diskusi untuk menentukan langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan kegiatan, (2) metode sharing pengetahuan dengan mitra, (3) metode transfer keterampilan melalui pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mitra, dan (4) metode pendampingan untuk perluasan pasar dan jaringan pemasaran serta pendampingan untuk pengembangan produk. Hasil yang ditargetkan dari kegiatan IbM Perluasan Jaringan Pemasaran dan Pengembangan Produk Batik Masaran untuk Mendukung Penguatan Ekonomi Lokal ini adalah bertambahnya pasar bagi produk batik yang dihasilkan oleh UKM Batik Sukowati Asri dan Batik Mahmudah Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen serta meningkatnya diversifikasi dan kualitas produk batik yang dihasilkan, baik dalam hal motif, desain baju jadi berbahan batik, maupun pewarnaan.
Kata Kunci: Batik, Diversifikasi Produk, Kompetensi, Perluasan Pasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.