BRANDING KOTA MELALUI CITRA PASAR GEDE SEBAGAI PRODUK BUDAYA BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA
Abstract
Pasar Gede yang merupakan salah produk budaya yang dianggap sebagai sebuah brand dari Kota Surakarta. Mahasiswa bidang studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dan bidang studi lain tentang pengembangan suatu wilayah perlu mengetahui potensi-potensi yang terdapat pada suatu kota. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap citra kawasan Pasar Gede, karena citra Pasar Gede memiliki keunikan dalam branding kawasan Pasar Gede. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis deskriptif dan evaluative. Informan penelitian adalah Mahasiswa yang masih aktif di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Data diperoleh melalui wawancara tentang citra kawasan Pasar Gede. Analisis data penelitian yang dipakai adalah reduksi data (penyusunan data), display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengidentifikasi citra kawasan Pasar Gede di Kota Surakarta adalah faktor keakraban kondisi lingkungan dan bentuk arsitektur
Kata kunci: Branding Kota, Pasar Gede, Citra Kawasan, Produk Budaya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.