EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM MEDIA PROMOSI PARIWISATA SOLO RAYA MENUJU PEMBANGUNAN SISTEM ONLINE TOURISM PROMOTION

Agus Hari Wibowo, Diah Kristina

Abstract

Penelitian tentang Efektivitas Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Media Promosi Pariwisata Solo Raya Menuju Pembangunan Sistem Online Tourism Promotion ini secara khusus bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang digunakan dalam media promosi pariwisata Solo Raya, baik media elektronik (online) maupun cetak; (2) Mengkaji pola penyampaian pesan promosi yang terdapat dalam media promosi pariwisata Solo Raya; (3) Mengeksplorasi unsur-unsur persuasif yang terkandung dalam media promosi pariwisata Solo Raya: (4) Menganalisis efektivitas penggunaan bahasa promosi yang terdapat dalam media promosi pariwisata Solo Raya; (5) Menyusun model penggunaan bahasa Inggris untuk promosi pariwisata guna mendukung terwujudnya sistem online tourism promotion bagi pariwisata di kawasan Solo Raya yang efektif dan efisien; (6) Menyusun buku panduan pelaksanaan / implementasi model penggunaan bahasa Inggris untuk promosi pariwisata guna mendukung terwujudnya sistem online tourism promotion bagi pariwisata di kawasan Solo Raya yang efektif dan efisien.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian akan dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yakni observasi, diskusi kelompok, wawancara, dan metode simak dokumen. Untuk memperoleh keabsahan data akan digunakan triangulasi sumber. Data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis wacana (Dijk, 1985) dan analisis interaktif (Miles & Huberman, 1984). Hasil penelitian menunuukkan bahwa promosi pariwisata Solo Raya yang dilakukan secara online dalam bahasa Inggris masih sangat terbatas, utamanya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota di kawasan Solo Raya. Ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata Solo Raya masih memiliki banyak kesalahan, baik dalam hal tata bahasa (grammar), pemilihan kata (diction) maupun ejaan (spelling). Kesalahan dalam pemilihan kata, kesalahan pengetikan (typos), kesalahan tata bahasa membuat komunikasi untuk tujuan mempromosikan daya tarik wisata kawasan Solo Raya adalah hal-hal yang membuat promosi pariwisata Solo Raya tidak efektif karena para pembaca, utamanya penutur asli atau orang asing yang tidak dapat berbahasa Indonesia, tidak bisa memahami maksud ekspresi-ekspresi promosi tersebut. Jenis kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan masih cenderung monoton atau tidak bervariasi. Penggunaan kalimat cenderung berupa kalimat sederhana (simple sentences) dan belum banyak menggunakan kalimat compound (compound sentences) dan kalimat kompleks (complex sentences). Ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata Solo Raya masih didominasi oleh deskripsi dan informasi, namun belum menggunakan ekspresi persuasif.

Kata Kunci: media online, pariwisata, promosi, Solo Raya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.