PENGEMBANGAN INDUSTRI LURIK TRADISIONAL UNTUK MENGUATKAN PEREKONOMIAN LOKAL DAN MENDUKUNG PEMBANGUNAN PARIWISATA DAERAH

BRM Bambang Irawan, AM Susilo

Abstract

Penelitian mengenai Pengembangan Industri Lurik Tradisional untuk Menguatkan Perekonomian Lokal dan Mendukung Pembangunan Pariwisata Daerah ini bertujuan untuk:

(1) menganalisis potensi industri lurik tradisional untuk menguatkan perekonomian lokal, (2) menganalisis potensi industri lurik tradisional untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata,

(3) mengetahui hambatan untuk mengembangkan industri lurik tradisional sebagai penggerak ekonomi lokal, (4) mengetahui hambatan untuk mengembangkan industri lurik tradisional sebagai daya tarik wisata, (5) menganalisis peran stakeholders dalam mengembangkan industri lurik tradisional, (6) mengeksplorasi kebijakan dan program Pemerintah Kabupaten Klaten untuk mengembangkan industri lurik tradisional, dan (6) menyusun model pengembangan industri lurik tradisional untuk menguatkan perekonomian lokal dan mendukung pembangunan pariwisata daerah. Penelitian tentang Pengembangan Industri Lurik Tradisional untuk Menguatkan Perekonomian Lokal dan Mendukung Pembangunan Pariwisata Daerah ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian akan dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yakni observasi lapangan, wawancara, diskusi kelompok terarah (FGD/Focus Group Discussion), dan metode simak dokumen. Untuk memperoleh keabsahan data akan digunakan triangulasi sumber. Data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif (Miles & Huberman, 1984) dan analisis 4A (Puspari, 2003). Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini adalah: (1) model pengembangan industri lurik tradisional untuk menguatkan perekonomian lokal dan mendukung pembangunan pariwisata daerah, (2) strategi implementasi model pengembangan industri lurik tradisional untuk menguatkan perekonomian lokal dan mendukung pembangunan pariwisata daerah, dan (3) publikasi artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional (DIKTI).

Kata Kunci: lurik tradisional, pariwisata daerah, perekonomian lokal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.