UJI KANDUNGAN TIMBAL DALAM DAUN ANGSANA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN METODOLOGI ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar berupa modul hasil penelitian kandungan timbal dalam daun angsana pada sub pokok bahasan Metodologi ilmiah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan Randomized Control Only Design. Variabel bebas berupa modul hasil penelitiandan variabel terikat adalah hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X.4 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X.1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif serta psikomotor. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul hasil penelitian sebagai sumber belajarmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar
Keywords: modul, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
E. Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya
Gloria Yi. 2008. Beyond Sharing : Engaging Students in Cooperative and Competitive Active Learning. International Journal of Educational Technology and Society Vol. 11 (3) : 82-96
Lee, V K C, Hui, D C W, Chan, C K, McKay, G. 2007. “Development of HAZOP Teaching Module” Journal of Teaching Engineering.
Mimin Haryati. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Suprijono, agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutaryo.2008. Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso
Refbacks
- There are currently no refbacks.