ANALISIS COMPETITIVE PROFILE MATRIX DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA SAUS SAMBAL ABC (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG)

Rizki Dwi Utami

Abstract

Abstract: Many companies produce chili sauce, so competition for chili sauce products is getting tighter. Competition for chili sauce products on the market causes producers to compete in determining what strategies to use to meet consumer needs. Based on this, this research aims to determine the competitive strategy of ABC chili sauce products and analyze the strategy of ABC chili sauce products using the Competitive Profile Matrix. The basic method of this research is descriptive. The location determination method uses a purposive method, namely Semarang City. The sample was determined using the accidental sampling method with a sample size of 100 respondents. The data used are primary data and secondary data, which were collected through interviews, observation and recording. The analysis tool used is the Competitive Matrix Profile (CPM). The research results show that consumers consider important success factors such as price, ease of obtaining the product, packaging, level of spiciness, taste, brand, and advertising. ABC chili sauce got the highest score compared to its competitors, with a score of 3.3, Indofood chili sauce scored 3.2, and Dua Belibis chili sauce scored 2.8. PT Heinz ABC has two superior factors, namely price and level of spiciness, and five factors with tight competition, namely ease of getting the product, packaging, taste, brand, and advertising. The strategies that can be used are differentiation of spiciness levels and affordable price strategies.

Keyword : Competitive Advantage, Competitive Profile Matrix (CPM), Competitive Strategy, Chili Sauce

Abstrak:  Saat ini banyak perusahaan yang memproduksi saus sambal, sehingga persaingan produk saus sambal semakin ketat. Persaingan produk saus sambal yang terdapat di pasar menyebabkan produsen berlomba-lomba dalam menentukan strategi apa yang akan dilakukan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing produk saus sambal ABC dan menganalisis strategi produk saus sambal ABC dengan menggunakan Competitive Profile Matrix. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive yaitu Kota Semarang. Penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pencatatan. Alat analisis yang digunakan yaitu Competitive Profile Matrix (CPM). Hasil penelitian menunjukkan faktor keberhasilan penting yang menjadi pertimbangan konsumen adalah harga, kemudahan mendapatkan produk, kemasan, tingkat kepedasan, rasa, merek, dan iklan. Saus sambal ABC mendapatkan skor tertinggi dibandingkan pesaingnya dengan skor 3,3, sedangkan saus sambal Indofood mendapat skor 3,2, dan saus sambal Dua Belibis mendapat skor 2,8.  PT Heinz ABC memiliki dua faktor yang unggul yaitu harga dan tingkat kepedasan, serta lima faktor yang memiliki persaingan ketat dengan pesaingnya yaitu kemudahan mendapatkan produk, kemasan, rasa, merek, dan iklan. Strategi yang dapat digunakan yaitu diferensiasi tingkat kepedasan dan strategi harga terjangkau.

Kata Kunci : Competitive Profile Matrix (CPM), Keunggulan Kompetitif, Saus Sambal, Strategi Bersaing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.