STRATEGI PEMASARAN USAHA KOPI DI LOSKE COFFEE SERVICE

Alifian Zulfikri Bimantoro

Abstract

Loske Coffee Service is one of the coffee shops in Surakarta City which serves various types of coffee and non-coffee menus. Loske Coffee Service has experienced changes due to the Covid-19 pandemic from initially operating before the pandemic took place and now operates after the pandemic. To survive today and into the future, Loske Coffee Service must have an effective marketing strategy. The main objective of this research is to find out the external and internal factors that influence Loske Coffee Service's marketing strategy and formulate alternative strategies that can be applied to marketing Loske Coffee Service’s products. The basic research method used in this research is qualitative data analysis with a descriptive analysis approach by conducting research at the Loske Coffee Service’s outlet. The data analysis methods used are the IFE and EFE matrices, IE matrix, and SWOT matrix. The research results show that the company's position is in cell I of the IE matrix, so it implements a growth and development strategy. Strategies that can be implemented are 1) Working directly with raw material producers. 2) Strengthen branding to increase sales with soft selling. 3) Create an event or take part in an event by opening a pop up booth to increase sales with hard selling.

 

Loske Coffee Service merupakan salah satu dari coffeeshop yang berada di Kota Surakarta yang menyajikan berbagai jenis menu kopi maupun non kopi. Loske Coffee Service mengalami perubahan karena pandemi covid-19 dari yang awalnya bergerak sebelum pandemi berlangsung dan kini bergerak saat pasca pandemi. Untuk bertahan hingga saat ini dan ke masa depan, Loske Coffee Service harus memiliki strategi pemasaran yang efektif. Tujuan utama penelitian ini yaitu, mengetahui faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran Loske Coffee Service dan merumuskan strategi alternatif yang dapat diterapkan pada pemasaran produk Loske Coffee Service. Metode dasar penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisa data kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dengan melakukan penelitian di outlet Loske Coffee Service. Metode analisis data yang digunakan yaitu matriks IFE dan EFE, matriks IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Perusahaan berada pada sel I matriks IE, sehingga menerapkan strategi tumbuh dan membangun. Strategi yang dapat diterapkan yaitu 1) Bekerja sama langsung dengan produsen bahan baku. 2) Memperkuat branding untuk meningkatkan sales dengan soft selling. 3) Membuat event atau mengikuti event dengan membuka pop up booth untuk meningkatkan penjualan dengan hard selling.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.