Analisis Faktor Faktor yang Memengaruhi Permintaan Cabai Merah Besar di Kota Surakarta
Abstract
Abstract: red chilies are one of the horticultural plants that are widely cultivated in Indonesia, including the city of Surakarta. People's consumption levels fluctuate from year to year, making demand for red chilies also uncertain. Based on this, the aim of this research is to find out what factors influence and are most influential as well as the elasticity of demand for red chilies in the city of Surakarta. The basic method of this research is descriptive. The location determination method uses a purposive method. The sample was determined using a simple random sampling method with a sample size of 100 respondents. The data used is primary and secondary data. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results and discussion are that the variables that partially influence the demand for red chilies in Surakarta City are the price of red chilies, the price of garlic, household income and the number of family members. The most dominant factor influencing demand for red chilies is the price of red chilies .The price elasticity of red chilies is categorized as elastic demand because the value is more than one. Cross elasticity shows that garlic is a complementary item to red chilies. Income elasticity shows that red chilies are categorized as basic necessities because their value lies between zero and one
Abstrak: Cabai merah besar merupakan salah satu tanaman holtikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia termasuk Kota Surakarta. Tingkat konsumsi masyarakat berfluktuatif dari tahun ke tahun membuat permintaan cabai merah besar juga tidak menentu. Berdasarkan hal ini, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi dan paling berpengaruh serta elastisitas permintaan cabai merah besar di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini yaitu deskriptif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive. Penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden . Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dan pembahasan yaitu variabel yang berpengaruh secara parsial terhadap permintaan cabai merah besar di Kota Surakarta adalah harga cabai merah besar, harga bawang putih, pendapatan rumah tangga, dan jumlah anggota keluarga. Faktor yang paling dominan memengaruhi permintaan cabai merah besar adalah harga cabai merah besar. Elastisitas harga cabai merah besar dikategorikan permintaan elastis karena nilai lebih dari satu. Elastisitas silang menunjukkan bahwa bawang putih merupakan barang komplementer dari cabai merah besar. Elastisitas pendapatan menunjukkan bahwa cabai merah besar dikategorikan ke dalam barang kebutuhan pokok karena nilainya terletak diantara angka nol sampai satu.