Analisis Efisiensi Pemasaran Daging Sapi di Kabupaten Cirebon

Avie Firda Fajriaty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya dan keuntungan pemasaran serta efisiensi pemasaran daging sapi di Kabupaten Cirebon. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode analitis. Metode penentuan lokasi dengan purposive. Metode penentuan responden dengan purposive sampling dan snowball sampling. Analisis efisiensi pemasaran menggunakan analisis marjin pemasaran, farmer’s share, dan analisis rasio keuntungan dan biaya pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran daging sapi di Kabupaten Cirebon. Berdasarkan analisis marjin pemasaran, nilai farmer’s share serta nilai rasio keuntungan dan biaya dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran daging sapi di Kabupaten Cirebon terdapat 2 saluran pemasaran yang efisien yaitu saluran pemasaran I dan saluran pemasaran. Saluran pemasaran III tidak efisien karena memiliki nilai rasio keuntungan dan biaya pemasaran dibawah 1 pada lembaga pemasarannya. Saluran yang paling efisien ialah saluran pemasaran I karena memiliki nilai marjin pemasaran paling rendah dan nilai farmer’s share yang paling tinggi dan nilai rasio keuntungan dan biaya pemasaran diatas 1.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.