PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN NIAT PEMBELIAN ULANG PRODUK HEIKA KOPI

Annisa Setyaningrum

Abstract

This study aims to determine the effect of experiential marketing on consumer satisfaction and repurchase intention of Heika Kopi products. The basic research method uses descriptive analytics with a quantitative approach. The research location was determined purposively at Heika Kopi Mangkunegaran. The data used in this study are primary data as main data and secondary data as supporting data. Data analysis was processed using Partial Least Squares SEM (PLS-SEM) using the smartpls 3 application. The results of the analysis showed that there was a direct relationship that proved to have a positive and significant effect on experiential marketing on consumer satisfaction and consumer satisfaction on repurchase intentions at Heika Kopi Mangkunegaran. There is a direct relationship that has been shown to have a positive but not significant effect on experiential marketing on repurchase intentions at Heika Kopi Mangkunegaran. The indirect relationship is carried out using the specific indirect effect method which proves that there is an indirect relationship that has a positive and significant effect between experiential marketing and repurchase intention which is mediated by full mediation of consumer satisfaction.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran pengalaman terhadap kepuasan konsumen dan niat pembelian ulang produk Heika Kopi. Metode dasar penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja di Heika Kopi Mangkunegaran. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pendukung. Analisis data diolah dengan Partial Least Squares SEM (PLS-SEM) menggunakan aplikasi smartpls 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung yang terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada experiential marketing terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap niat pembelian ulang di Heika Kopi Mangkunegaran. Terdapat hubungan langsung yang terbukti berpengaruh positif namun tidak signifikan pada experiential marketing terhadap niat pembelian ulang di Heika Kopi Mangkunegaran. Hubungan tidak langsung dilakukan dengan metode spesiffic indirrect effect yang membuktikan bahwa terdapat hubungan tidak langsung yang berpengaruh positif dan signifikan antara experiential marketing terhadap niat pembelian ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen yang memediasi penuh. 

Full Text:

PDF

References

Andreani, F. (2007), Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2 (1), 1-8.

As' ad, M. H., & Aji, J. M. M. (2020). Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen kedai kopi modern di Bondowoso. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 13(2), 182-199.

Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35-54.

Ghozali, I. (2014). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiwidjaja, R. S. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(2), 1-11.

Hair, J. F., Hult, G.T., Ringle, C.M., Sarstedt, M. (2017). A Primer On Partial Least Squares Structure Equation Modeling (PLS-SEM). Los Angeles: SAGE.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. & Anderson, R.E. (2006). Multivariate data analysis (6th ed.). New Jersey: Pear-son Education Limited.

Hung, L. M. (2012). A study of consuming behaviors of budget coffee. Business and Management Research, 1(1), 48-61.

Khoirul, M., Yudana, G., & Rahayu, P. (2019). Faktor Utama Pemilihan Lokasi Kafe di Kota Surakarta. Desa-Kota: Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, dan Permukiman, Jurnal Desa-Kota, 1(2), 108-120.

Lamongi, J., Tumbuan, W. J., & Loindong, S. S. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J. Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Muawanah, I. (2019). Fenomena maraknya coffee shop sebagai gejala gaya hidup anak muda di kota metro (studi pada mahasiswa iain metro) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Putra, I. B. P dan Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap niat pembelian ulang dimediasi oleh kepuasan konsumen (Doctoral dissertation, Udayana University).

Putri, K. S. R. (2020). Perilaku gaya hidup konsumtif perempuan penikmat kopi di cliq coffee jakarta (Bachelor's thesis, Fisip UIN Jakarta). Skripsi

Rachmatunnissa, D., & Deliana, Y. (2019). Segmentasi konsumen coffee shop generasi z di jatinangor. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 90-100.

Resika, Y. (2022). Kopi Kenangan dan Experiential Marketing di Kota Palembang. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 11(1), 26-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.