Indexing metadata

Use of Media Cards to Improve Reading and Writing Skills in Javanese Script for Elementary School Students


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Use of Media Cards to Improve Reading and Writing Skills in Javanese Script for Elementary School Students
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Endah Susilowati
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) media kartu, membaca dan menulis, aksara Jawa
 
4. Description Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat suku Jawa. Dalam kurikulum sekolah dasar, bahasa daerah menjadi salah satu muatan lokal tingkat provinsi. Pembelajaran Bahasa Jawa sebagai muatan lokal idealnya memberikan keterampilan berbahasa yang baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kompetensi membaca dan menulis aksara Jawa bagi Suku Jawa idealnya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, kondisi saat ini, kemampuan siswa dalam membaca dan menulis aksara Jawa menjadi salah satu masalah serius dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tanpa adanya media pembelajaran kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa masih rendah. Media kartu memudahkan siswwa dalam mempelajari aksara Jawa. Media kartu yang digunakan adalah kartu tebal yang bertuliskan aksara Jawa (legena) dengan tampilan yang menarik. Dengan media kartu, kemampuan siswa dalam membaca dan menulis aksara Jawa (legena) dapat meningkat.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Sebelas Maret
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2022-10-08
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/65956
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.65956
 
11. Source Title; vol., no. (year) Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series; Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1)
 
12. Language English=en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2022 Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.