ANALISIS SISTEM 5 PILAR NETWORK MARKETING PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA MENURUT HUKUM ISLAM DI INDONESIA
Abstract
This Thesis describe and analyze the problem, how to apply 5 pilars network marketing systems in PT. Melia Sehat Sejahtera Islamic Law in Indonesia. This research is about qualitative law research or sosio-legal research on descriptive. A kind of secondary data have used in this law research include materials of primary law, materials of secondary law, materials of tersier law. Collecting data technique is observation and documents. The result of the research showed that 5 pilars systems in PT. Melia Sehat Sejahtera include Company Profile, Product, Marketing Plan, Transparancy, Group Leader and Support System. The discussion consist of analize strategy marketing system Network Marketing PT. Melia Sehat Sejahtera called 5 Pilars. Spesification analizing about particulars to give conical conclusion so that can prove that marketing system to belong to Network Marketing or Multi Level Marketing have suitable with Islamic law which conduct in Indonesia. The example of analizing from Islamic law side can prove by fact that show there are no unsure of gharar, dharar, riba and maysir in the marketing concept.
Key Words : Network Marketing, Multi Level Marketing, and Islamic Law.
Penulisan ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, bagaimana penerapan sistem 5 Pilar Network Marketing di PT.Melia Sehat Sejahtera menurut Hukum Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian hukum kualitatif atau nondoktrinal (socio-legal research) yang bersifat deskriptif. Jenis data sekunder yang digunakan meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung (berperan serta) dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 pilar PT. Melia Sehat Sejahtera meliputi Perusahaan, Produk, Marketing Plan, Transparansi, dan Team Leader & Support System. Pembahasan meliputi analisis strategi sistem pemasaran Network Marketing PT. Melia Sehat Sejahtera yang disebut 5 Pilar. Analisis terperinci mengenai seluk-beluk menghasilkan simpulan yang membuktikan bahwa sistem pemasaran yang tergolong Network Marketing atau Multi Level Marketing di perusahaan ini telah sesuai dengan hukum Islam yang berlaku di Indonesia. Contoh analisis dari segi Islam dapat dibuktikan melalui tidak adanya unsur gharar, dharar, dzulm, riba, dan maysir pada konsep pemasaran tersebut.
Kata Kunci : Network Marketing, Multi Level Marketing, dan Hukum Islam.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2013. Buku Pedoman Akademik Strata 1 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Handiswan Handy. 2014. handiswanblog.blogspot.co.id/2014/06/hukum-islam-makalah-pendidikan-agama.html?m=1. diakses pada tanggal 21 Februari 2017.
Jeton Mazllami. 2015. “Contemporary Forms of Supporting Entrepreneurship and Investments on SMEs: The case of Polog Region in the Republic of Macedonia”. Journal of Economic and Social Studies Vol. 6 Number 1 Spring.
R. Serfianto D. Purnomo, dkk., 2011. Multi Level Marketing Money Game & Skema Piramid. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Stevy Maradona. 2010. m.republika.co.id/berita/bisnis-syariah/berita/10/12/22/153851-ekonomi-syariah-akan-berjaya. diakses pada 28 Februari 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.