Penyelenggaraan Usaha Syariah Hotel Solo Sebelum Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pencabutan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah

Shintya Yulfa Septiningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan konsep syariah di Syariah Hotel Solo sebelum adanya penetapan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pencabutan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Syariah Hotel Solo. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara terhadap pihak Syariah Hotel Solo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan konsep syariah di Syariah Hotel Solo sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan usaha hotel syariah karena sudah memenuhi kriteria mutlak dan tidak mutlak yang berada di Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah dibuktikan dengan adanya sertifikasi halal dan sertifikat halal-2

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. (2010). Sensus Penduduk 2010. Diakses pada 1 Oktober 2019, pada situs web Badan Pusat Statistik: http://sp2010.bps.go.id/

Baharuddin, Z., et al. (2018). Perkembangan Bisnis Hotel Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pengembangan Hotel Syariah di Lombok Nusa Tenggara Barat). Jurnal Al’-Adl, 11(1).

Basalamah, A. (2011). Hadirnya Kemasan Syariah Dalam Bisnis Perhotelan di Tanah Air. Jurnal Binus Business Review, 2(2). Jakarta: Binus University.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018). Materplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Jakarta: PT Zahir Syariah Indonesia.

Mulyanto, M. (2016). Keberlakuan Uu No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Di Bali Dalam Perspektif Sosiologi Hukum. Mimbar Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 27(3), 418-431.

Muthoifin. (2015). Fenomena Maraknya Hotel Syariah: Studi Efektifitas, Existensi, dan Kesyariahan Hotel Syariah di Surakarta. Jurnal University Research Colloquium. Surakarta: Pariwisata Mandal Bhakti Surakarta Press.

Saeroji, A., et al. (2018). A Study Of Solo’s Tourism Product Potentia; as Halal Tourism Destination in Indonesia. Jurnal Kawistara, 8(2).

Sofyan, R. (2011). Bisnis Syariah, Mengapa Tidak? Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sofyan, R. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.

Widagdyo, K. G. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Indonesia. The Journal of Touhidinomics, 1(1). Jakarta: Universitas Sahid Jakarta Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.