PENGGUNAAN MEDIA “BLOCK CARD ” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMBUAT DENAH PADA SISWA TUNANETRA

Siti Rachmawati

Abstract


Kemampuan membaca dan membuat denah penting bagi tunanetra dalam menjalani
kehidupan sosialnya. Kegagalan pencapaian kompetensi pembelajaran membaca dan
membuat denah pada tunanetra dipengaruhi oleh tidak dikuasainya kemampuan prasyarat
berupa penguasaan konsep dan tehnik, potensi pengindraan dan spasial, dan kurangnya
ketrampilan motorik halus siswa. Media BlockCard yang diciptakan penulis dapat digunakan
untuk mencapai kemampuan prasyarat membaca dan membuat denah tersebut. Melalui
Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Classroom) dengan subjek penelitian siswa
tunanetra buta total ( Totally Blind ) kelas I di SLB N Semarang tahun 2012 terbukti bahwa
media Block Card dapat meningkatkan kemampuan membaca dan membuat denah siswa
tunanetra. Kemampuan membaca denah siswa meningkat dari 15 % sebelum tindakan
menjadi 70 % setelah tindakan siklus I dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi
85%. Kemampuan membuat denah meningkat dari 10% sebelum tindakan menjadi 45%
setelah tindakan siklus I dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 75%. Terjadi
perubahan perilaku yang positif yaitu dengan ditunjukkannya sikap yang antusias dan
menyenangkan dalam mengerjakan tugas dan kemandirian dalam menyelesaikannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.