PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING

Kasmanto Kasmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan aktivitas kelas melalui
Model Quantum Learning pada kompetensi dasar ”mengidentifikasi berbagai gerak benda melalalui
percobaan” pada siswa Kelas VI/C SLB Negeri Surakarta.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VI/C (Tunagrahita) SLB Negeri Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus.
Tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus pertama sebagai
pelaksanaan tindakan dan siklus kedua sebagai perbaikan. Masalah dalam penelitian ini adalah
rendahnya hasil belajar IPA dan aktivitas kelas kurang hidup. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai
nilai anak di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Aktivitas kelas kurang hidup ditandai siswa
pasif, adanya model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran diharapkan hasil belajar anak akan
meningkat.
Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model Quantum Learning dalam
pembelajaran. Quantum learning adalah rancangan pembelajaran yang mengaktifkan dan
menyenangkan siswa, lebih dikenal dengan istilah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai,
Demontrasikan dan Rayakan). Setelah langkah-langkah dilaksanakan dalam pembelajaran, maka hasil
belajar IPA meningkat dan aktivitas kelas lebih hidup.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.