PENINGKATAN KUALITAS RPP TEMATIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK GURU KELAS SMPLB/C PADA SEKOLAH BINAAN DI KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan
kualitas RPP tematik guru kelas SMPLB/C pada sekolah binaan di Kota Surakarta tahun pelajaran
2013/2014? Subyek penelitian ini adalah guru kelas SMPLB/C di 3 (tiga) sekolah binaan di Kota
Surakarta yaitu SLB Negeri Surakarta, SLB/C YPSLB Surakarta dan SLB/C Setya darma Surakarta.
Hasil penelitian tindakan ini dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) RPP tematik yang disusun
sesuai dengan kondisi siswa, satuan pendidikan dan tuntutan kurikulum SLB; (2) Perangkat
pembelajaran (RPP) tematik yang disusun guru semakin berkualitas; dan (3) Tanggapan positif dari
para guru. Secara empirik dari hasil analisis data membuktikan bahwa supervisi akademik yang
dilakukan peneliti dapat meningkatkan kualitas RPP tematik guru kelas SMPLB/C di sekolah binaan di
Kota Surakarta.
kualitas RPP tematik guru kelas SMPLB/C pada sekolah binaan di Kota Surakarta tahun pelajaran
2013/2014? Subyek penelitian ini adalah guru kelas SMPLB/C di 3 (tiga) sekolah binaan di Kota
Surakarta yaitu SLB Negeri Surakarta, SLB/C YPSLB Surakarta dan SLB/C Setya darma Surakarta.
Hasil penelitian tindakan ini dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) RPP tematik yang disusun
sesuai dengan kondisi siswa, satuan pendidikan dan tuntutan kurikulum SLB; (2) Perangkat
pembelajaran (RPP) tematik yang disusun guru semakin berkualitas; dan (3) Tanggapan positif dari
para guru. Secara empirik dari hasil analisis data membuktikan bahwa supervisi akademik yang
dilakukan peneliti dapat meningkatkan kualitas RPP tematik guru kelas SMPLB/C di sekolah binaan di
Kota Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.