MENINGKATKAN POTENSI GERAK KASAR ANAK TUNADAKSA RINGAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Zandra Dwanita, Eka Ahmad Malik, Ismaryati Ismaryati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan gerak kasar anak tuna daksa ringan. Metode
penelitian yang digunakan adalah Preexperimental Design (Thomas dan Nelson: 1990),
dengan rancangan One Group Pretest-Post Test Design. Sumber data atau informasi
diperoleh melalui pengamatan peristiwa atau aktifitas subjek. Subjek penelitian yang akan
ditingkatkan gerak motorik kasarnya adalah siswa SDLBD YPAC Surakarta. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes dan pengukuran. Kemampuan Gerak Kasar
diukur dengan Test Of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Instrumen atau tes yang
digunakan adalah Test Of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Untuk mengetahui
peningkatan gerak motorik kasar anak tunadaksa, dihitung t-test; yakni dengan
membandingkan hasil pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan). Hasil penelitian
menunjukan bahwa melalui pendekatan bermain gerak kasar anak Tunadaksa ringan
meningkat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain
dapat digunakan untuk meningkatkan gerak kasar tunadaksa ringan, meningkatkan
kepercayaan diri individual berkebutuhan khusus karena dengan bermain mengandung
banyak unsur yang membangun karakter anak, dan metode ini sangatlah mudah dipraktikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.