PENGGUNAAN SIKLUS KODIPTER SEBAGAI MODEL PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU KELAS SASARAN KURTILAS PADA SLB BINAAN DI KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abdullah Abdullah

Abstract


Tahun pelajaran 2014/2015 pemerintah telah menetapkan pemberlakuan Kurikulum 2013 pada pendidikan khusus (SLB). Kendala yang dialami guru dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah minimnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013. Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya adalah masih banyak guru yang belum mendapat sosialisasi Kurikulum 2013. Program Pendampingan merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu model pendampingan adalah Siklus KODIPTER. Siklus KODIPTER adalah kegiatan pendampingan yang dilaksanakan melalui kegiatan kunjungan kelas, observasi kelas,  dan diskusi pasca pembelajaran terprogram.

Rumusan masalah penelitian tindakan ini adalah apakah melalui penggunaan Siklus KODIPTER sebagai model pendampingan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru kelas sasaran Kurtilas pada SLB binaan di Kota Surakarta tahun pelajaran 2014/2015? Subyek penelitian tindakan ini adalah guru kelas I, IV, dan VII pada 3 (tiga) sekolah binaan di Kota Surakarta yaitu SLB Negeri Surakarta, SLB/B YRTRW Surakarta, dan SLB/C Setya Darma Surakarta.

Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 68 dan mengalami kenaikan  sebesar 3,45 % dari kondisi pra siklus. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 73,89 dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 5,89 %. Penelitian tindakan ini menimbulkan dampak positif pada sekolah binaan, yaitu: 1) sekolah komitmen melaksanakan Kurikulum 2013, 2) meningkatnya kemampuan guru dalam proses pembelajaran berdasarkan konsep dan jiwa Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.