PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH HARGA DIRI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VII SLB NEGERI SURAKARTA (Metode Gabungan Ekspositori dan Kerja kelompok)

Wahyu Trimei Pujilestari

Abstract


 

     Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyebutkan contoh harga diri dan sejauh mana peningkatan minat, perhatian dan partisipasi siswa terhadap materi harga diri kompetensi dasar menyebutkan contoh harga diri dengan menerapkan trategi pembelajaran kontekstual metode gabungan ekspositori dan kerja kelompok pada siswa tuna grahita ringan kelas VII.

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi dan, Refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisa didapatkan bahwa kemampuan menyebutkan contoh harga diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (57,14%), dan siklus II (85,75%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.