PENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH LUAR BIASA DALAM MENYUSUN DAN MELAKSANAKAN SUPERVISI KLINIS MELALUI TEKNIK BERLATIH BERSAMA PADA SEKOLAH BINAAN DI KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mudjiyono Mudjiyono

Abstract


Tujuan Penelitian untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun dan melaksanakan supervisi klinis melalui tehnik berlatih bersama. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala SLB se Kabupaten Purworejo yang berjumlah 3 orang, yaitu: Ka SLB Negeri, Ka SLB Muhammadiyah dan Ka SLB Karya Bhakti Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa: Kemampuan kepala sekolah dalam menyusun dan melaksanakan supervisi klinis dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan pada tiap siklus meningkat. Nilai rata-rata penyusunan program pada Pra Tindakan: 2,8 dan pada siklus I: 3,6, mengalami peningkatan: 0,8 ( meningkat: 16%). Kemudian nilai rata-rata pelaksanaan pada pra tindakan: 2,91, dan pada siklus I: 3,65   mengalami peningkatan 0,74 (meningkat 14,8%).

Selanjutnya nilai rata-rata hasil penilaian penyusunan program pada siklus I: 3,6 dan pada siklus II: 4,24, mengalami peningkatan: 0,60 (meningkat: 12,11  %). Dan nilai rata-rata pelaksanaan program pada siklus I: 3.65 dan pada siklus II: 4,31 mengalami peningkatan 0,66 (meningkat 13,33%). Meningkatnya kemampuan kepala sekolah dalam menyusun dan melaksanakan supervisi klinis karena adanya pelatihan bersama.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.